Breaking News:

Stikes Telogorejo Semarang

Olahraga Saat Berpuasa

Apakah memungkinkan berolahraga saat berpuasa? Pertanyaan umum yang sering terdengar ketika memasuki bulan Ramadhan. Banyak orang berpikir bahwa makan

IST
Ilustrasi olahraga saat berpuasa 

Oleh : Sri Gunda Fahriana Fahruddin, S.Ft., M.Fis
Dosen Stikes Telogorejo Semarang

Apakah memungkinkan berolahraga saat berpuasa?  Pertanyaan umum yang sering terdengar ketika memasuki bulan Ramadhan.

Banyak orang berpikir bahwa makanan memberi energi dan oleh sebab itu akan sulit berpuasa dan berolahraga disaat yang bersamaan. Menurut seorang ahli kebugaran tubuh, berolahraga harus tetap menjadi bagian penting dalam hidup yang tidak boleh dilewatkan, termasuk saat puasa.

Mungkin sulit untuk mempertahankan rutinitas olahraga normal karena pola tidur yang sedikit terganggu dan kekurangan cairan. Namun, agar tetap sehat dan bugar selama Ramadhan maka tetap harus berolahraga.

Nah, Kapan, bagaimana dan jenis olahraga apa yang sebaiknya kita lakukan saat berpuasa? 4 Waktu terbaik untuk berolahraga selama berpuasa yaitu:

1. Saat 60-90 menit sebelum berbuka puasa
Latihan ringan, pengulangan dan beban yang rendah serta banyak peregangan. Contoh olahraga yang bisa dilakukan adalah jalan santai dan Yoga.

2. Setelah berbuka puasa
Setelah berbuka puasa intensitas olahraga bisa sedikit ditambah tetapi tidak terlalu berlebihan. Olahraga sebaiknya dilakukan 1 - 3 jam setelah berbuka puasa. Karena tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan seperti squat, jumping, jalan cepat, dan Jogging

3. Sesaat sebelum sahur
Sebelum sahur merupakan waktu terbaik untuk berolahraga. Salah satu keuntungan berolahraga sebelum sahur adalah dapat memberikan energi sehari penuh, karena setelah berolahraga kita bisa makan (sahur) dan minum air yang banyak untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Namun yang perlu diperhatikan adalah waktu berolahraga yang tidak boleh lebih dari 30 menit.

4. Setelah Sahur atau setelah Shalat shubuh
Olahraga yang dapat dilakukan setelah sahur atau setelah shalat shubuh adalah olahraga yang bersifat ringan dan tidak membuat tubuh mengeluarkan keringat yang berlebih. Contoh olahraga yang dapat dilakukan yaitu jalan santai dan bersepeda baik sepeda statis maupun dinamis. Lakukan aktivitas bersepeda sampai sekitar 30- 45 menit untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

Hal yang perlu diingat ketika berolahraga selama puasa adalah intensitasnya, Jangan berlebihan, dan hal terpenting adalah tetap berpikiran positif serta jauhi rasa malas. Puasa bukan alasan untuk tidak berolahraga. Selamat berpuasa dan selamat berolahraga ! (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved