Breaking News:

Berita Jateng

Dieng Bersiap Menerima Wisatawan 1 Agustus 2020

Warga yang ada di obyek wisata Dieng mulai bersiap menerima wisatawan pada 1 Agustus 2020.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Warga yang ada di obyek wisata Dieng yang terletak di dua administrasi wilayah yaitu Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara mulai bersiap menerima kunjungan wisatawan.

Meski sempat ditutup hampir tiga bulan lamanya, kini beberapa toko oleh-oleh, warung makan, serta penginapan mulai menerima tamu.

Tak terkecuali Ema yang memiliki warung makan di kawasan wisata Dieng wilayah Wonosobo, ia mulai mempersiapkan tempat berdagannya dan mempersiapkan makanan yang ia jual untuk wisatawan sejak Kamis (30/7) lalu.

"Warung saya tutup dari Mei, dan baru saja saya buka Kamis lalu."

"Saya mulai buka untuk persiapan katanya Dieng mulai dibuka kembali 1 Agustus nanti," paparnya kepada Tribunjateng.com, Jumat (31/7/2020).

Ia menjelaskan, sejak pertengahan Juli sudah banyak wisatawan datang namun terpaksa putar arah karena Dieng masih ditutup.

"Beberapa hari lalu logo Dieng yang biasanya untuk foto wisatawan dan sebelumnya ditutup kain, kini sudah dibuka. Meski demikian pengunjung belum banyak yang datang," terangnya.

Sementara itu, Amanda penjaga toko oleh-oleh di obyek wisata Dieng menerangkan, membenarkan masih minimnya wisatawan yang berkunjung.

"Simulasi dari Pemkab Wonosobo toko oleh-oleh diizinkan buka sejak Juli, namun hingga kini belum banyak wisatawan yang mampir," tuturnya sembari menunggu pengunjung.

Adapun Nurul penjaga penginapan Charaka Resident yeng terletak di obyek wisata Dieng di wilayah Kabupaten Banjarnegara, mengatakan, penginapan di wilayah Banjarnegara baru dibuka pertengahan Juli.

"Awal dibuka okupansi penginapan anjlok, kalau beruntung dari puluhan kamar hanya tiga kamar yang terisi, tapi lebih sering tak ada tamu sama sekali," jelasnya.

Ia menambahkan, dua hari terakhir pengunjung yang menginap mulai berdatangan.

"Mungkin karena Dieng akan dibuka Agustus mendatang, dan ada fenomena embun upas jadi banyak tamu yang menginap," tambahnya. (bud)

Penulis: budi susanto
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved