Breaking News:

Berita Video

Video Sholat Idul Adha di Masjid Agung Kabupaten Tegal

Bupati Umi Azizah melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Agung Kabupaten Tegal pada Jumat (31/7/2020).

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Berikut ini video Sholat Idul Adha di Masjid Agung Kabupaten Tegal

Bupati Umi Azizah melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Agung Kabupaten Tegal pada Jumat (31/7/2020).

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga memberikan sambutanmengenai penerapan protokol kesehatan serta tatanan kebiasaan baru yang harus dihadapi masyarakat.

Ibadah salat Idul Adha berjamaah inimenerapkan protokol kesehatan.

Dengan menjaga jarak antar jemaah minimal satu meter, memakai masker, tidak bersalaman dan bersentuhan secara fisik, membawa sajadah masing-masing, termasuk berwudhu dari rumah.

Warga lansia dan anak-anak serta mereka yang memiliki penyakit bawaan berisiko tinggi tertular Covid-19 diimbau supaya tidak mengikuti salat id.

"Peringatan Idul Adha ini tidak hanya bisa kita maknai sebagai ritual ibadah semata. Karena di dalam Islam sendiri, ibadah tidak hanya dimaknai sebagai hubungan spiritual antara manusia dengan Tuhan. Namun, beribadah bisa pula diartikan sebagai sarana untuk memperbaiki hubungan sosial antara manusia dengan sesamanya. Saya juga tidak lupa untuk selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan," ujar Umi kepada Tribunjateng.com.

Umi juga menyinggung tentang protokol kesehatan saat proses pemotongan hewan kurban.

Prosedur pelaksanaan protokol kesehatan yaitu membersihkan peralatan dan tempat pemotongan dengan disinfeksi, menjaga jarak, dan membatasi jumlah panitia kurban.

Selanjutnya pendistribusian daging hewan kurban dilakukan dengan cara diantarkan langsung oleh panitia ke rumah warga.

Jadi tidak ada warga yang berkerumun atau antre untuk mendapatkan daging kurban, seperti biasanya sebelum ada pandemi corona.

Bupati Umi mengajak seluruh umat muslim agar mempererat ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah sebagai saudara sebangsa setanah air dan ukhuwah basariah.

Sebagaimana Allah SWT telah perintahkan kepada umatnya untuk saling memahami (tafahum) dan berkerjasama, tolong menolong dalam semua aspek kehidupan (taawun), serta mengajarkan untuk bekerja keras mengubah nasib, mengubah nasib bangsa, dan menjadikannya bangsa pemenang.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tegal, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah. Semoga amal ibadah kita semua diterima Allah SWT," ucap Umi.

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE : 

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved