Breaking News:

KKN Undip

Di Purbalingga, Mahasiswa KKN Undip Arahkan Pembuatan Sanitasi yang Sehat

Pembuatan septic tank yang ada di Kelurahan Kalikabong dilakukan di beberapa titik di setiap RW yang ada di kelurahan

IST
Pembuatan lubang untuk Septic Tank yang ada di Salah satu rumah warga 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Mahasiswa KKN Tim II Undip 2020, Taufan  membantu rangkaian kegiatan pembuatan septic tank bersama masyarakat yang ada di sekitar Kelurahan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah.

Pembuatan septic tank yang ada di Kelurahan Kalikabong dilakukan di beberapa titik di setiap RW yang ada di kelurahan tersebut.

Terdapat 20 rumah yang mendapatkan bantuan pembuatan septic tank ini.

“Bantuan septic tank ini berasal dari Dinas Kesehatan yang dituju untuk masyarakat yang belum mempunyai sanitasi yang layak,” kata Taufan, Kamis (30/7/2020).

Tingkat kepadatan pemukiman di Kelurahan Kalikabong yang menyebabkan pembuatan septic tank dirasa sulit.

Dengan lahan yang terbatas ini menjadi perhatian dalam pembuatan septic tank ini agar kualitas air di sekitar septic tank nanti tetap terjaga.

Dalam pembuatan septic tank tidak boleh asal-asalan, dengan rekomendasi dari mahasiswa Undip ini diharapkan dapat melakukan diskusi dan sosialisasi agar septic tank tersebut tidak mencemari sumber air yang dikonsumsi oleh masyarakat sekitarnya. 

Septic tank yang ideal yaitu posisinya tidak berada di arah aliran air yang ada di bawah tanah.

Mahasiswa tersebut melakukan pengecekan sumur-sumur yang ada di sekitar lokasi yang akan dibuat septic tank minimal 3 sumur.

Kemudian mencatat kedalaman muka air tanah ketiga sumur tersebut.

Sumur yang memiliki kedalaman yang paling dalam dapat diinterpretasikan arah aliran air tanah ke arah sumur tersebut.

Sehingga dalam pembuatan septic tank ini dilakukan berlawanan dengan arah air tanah agar sumur yang ada di sekitar tidak tercemar.

Dengan memperhatikan jarak septic tank dan sumur juga diperhatikan sesuai dengan jarak Standar Nasional Indonesia (SNI) yaitu kurang lebih dari 10 meter.

Kepala P2KKN Undip, Fahmi Arifan menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 ini, kegiatan KKN difokuskan pada pendampingan masyarakat untuk menghadapi pandemi.

“Harapannya, hasil pengetahuan mahasiswa yang selama ini dipelajari di kampus dapat diaplikasikan ke masyarakat,” kata Fahmi.(*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved