Breaking News:

Lama Tak Bertemu, Warga Binaan Rutan Kelas IA Solo Banyak Manfaatkan Layanan Video Call

Layanan video call secara gratis banyak dimanfaatkan para warga binaan setelah sekian lama tidak bertemu keluarga.

Istimewa
Warga binaan Rutan Kelas IA Solo saat memanfaatkan layanan video call. 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Layanan video call secara gratis banyak dimanfaatkan para warga binaan setelah sekian lama tidak bertemu anggota keluarga. Terutama saat momen Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas IA Solo, Andi Rahmanto menyampaikan, sampai saat ini ada sebanyak 447 warga binaan di Rutan Kelas IA Solo. Lantaran sudah lama tidak bertemu atau dibesuk anggota keluarga, banyak warga binaan yang memanfaatkan layanan video call secara gratis.

Dalam layanan itu, pihak rutan menyediakan lima perangkat komputer yang dapat digunakan oleh warga binaan secara bergantian. Sebelum menggunakan layanan video call, warga binaan harus mendaftarkan diri dulu kepada petugas yang berjaga.

"Durasinya (video call) 20 menit. Antusiasnya cukup tinggi. Karena mereka sudah lama tidam bertemu anggota keluarga. Apalagi saat momen Idul Adha. Layanan pukul 09.00-11.00, dilanjut lagi pukul 13.00-14.30," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, (1/8/2020).

Lanjutnya, ada momen haru saat warga binaan menggunakan layanan video call secara gratis itu. Pasalnya mereka sudah tidak bertemu anggota keluarga sejak dicabutnya izin besuk karena pandemi virus Covid-19.

Dia menambahkan, sesuai protokol kesehatan dalam menyambut new normal, pihak rutan telah menyediakan sejumlah 21 bilik untuk layanan besuk. Namun layanan bilik besuk tersebut urung digunakan lantaran masih menunggu izin penggunaan.

Sementara itu, pada Perayaan Idul Adha 1441 Hijriah, pihak rutan juga menyelenggarakan Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban. Total ada empat ekor sapi dan 11 kambing yang disembelih.

Andi menuturkan, hewan kurban itu berasal dari petugas rutan, pihak perbankan, Baznas dan masyarakat.

"Daging kurban dibagikan kepada warga binaan dalam bentuk makanan siap santap," ungkapnya. (*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved