Breaking News:

KKN Undip

Resep Rahasia Bakso Rasa Rumput Laut ala Mahasiswa KKN Undip

Wilayah Purbalingga yang terletak di kaki Gunung Slamet membuat sebagian besar masyarakatnya belum mengenal makanan olahan hasil laut dari rumput laut

IST
Kegiatan pembuatan bakso rumput laut ala mahasiswa KKN Undip Nevanda Kusuma Wardani 

TRIBUNJATENG.COM - PURBALINGGA – Periode KKN Tim II Undip saat pandemi Covid-19 dilaksanakan di kampung halaman masing-masing mahasiswa.

Nevanda Kusuma Wardani dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, salah satu peserta KKN Tim II berkesempatan melakukan kegiatan KKN di Kelurahan Mewek, Kecamatan Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah.

Wilayah Purbalingga yang terletak di kaki Gunung Slamet membuat sebagian besar masyarakatnya belum mengenal makanan olahan hasil laut dari rumput laut yang banyak terdapat di Indonesia.

Nevanda mengatakan, hasil survei pada beberapa warga diperoleh gambaran sebagian besar warga mengira rumput laut hanya dapat diolah menjadi es rumput laut.

“Kenyataannya sangat banyak makanan yang dapat dikreasikan dengan rumput laut ini. Salah satunya sebagai bahan pembuat bakso,” kata Nevanda, Kamis (30/7/2020).

Ia mengungkapkan, bakso termasuk salah satu makanan yang disukai banyak orang. Namun belum banyak yang tahu jika bagaiman arasa bakso dicampur rumput laut?

Nevanda mengundang para ibu dan pemuda karang taruna di Kelurahan Mewek. Kemudian diberi pengetahuan dan cara membuat bakso rumput laut.

Diharapkan, mampu meningkatkan kreativitas dalam membuat makan olahan rumput laut.

Selain rumput laut yang dapat dicampurkan langsung dengan adonan makanan, peserta kegiatan juga dikenalkan pada produk turunan dari rumput laut.

Kepala P2KKN Undip, Fahmi Arifan menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 ini, kegiatan KKN difokuskan pada pendampingan masyarakat untuk menghadapi pandemi.

“Harapannya, hasil pengetahuan mahasiswa yang selama ini dipelajari di kampus dapat diaplikasikan ke masyarakat,” kata Fahmi.(*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved