Breaking News:

Hakim PN Semarang Nyatakan Gugatan Yunantyo terhadap Rektor Unnes Berakhir Damai

Gugatan perdata yang dilayangkan pegiat sosial, Yunantyo Adi Setiawan (YAS) terhadap Rektor Unnes berakhir damai.

Penulis: Zain Arifin Rochmat | Editor: sujarwo
IST
Muhtar Hadi Wibowo selaku Kuasa Hukum Rektor Unnes 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Gugatan perdata yang dilayangkan pegiat sosial, Yunantyo Adi Setiawan (YAS) terhadap Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), Prof Fathur Rokhman, di Pengadilan Negeri (PN) Semarang, berakhir dengan perdamaian.

Ketua Majelis Hakim PN Semarang yang menyidangkan perkara tersebut, Eko Budi menyatakan kedua pihak harus menaati kesepakatan perdamaian. Sebagaimana yang tertuang dalam akta perdamaian nomor 107/Pdt.G/2020/PN.Smg.

"Menghukum kedua belah pihak untuk mentaati Kesepakatan Perdamaian yang telah dibuat dan ditandatangani oleh para pihak," kata Hakim Ketua Eko Budi dalam putusannya.

Dengan perdamaian tersebut, Rektor Unnes selaku tergugat juga harus mencabut laporannya di Polda Jateng atas dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan YAS. Laporan itulah yang menjadi penyebab gugatan oleh YAS terhadap Rektor Unnes.

Saat dikonfirmasi, kuasa hukum Rektor Unnes, Mohtar Hadi Wibowo, membenarkan adanya perdamaian tersebut. Ia mengaku bersyukur karena gugatan YAS atau Yunantyo terhadap Rektor Unnes berakhir perdamaian.

"Ini keputusan yang sangat positif. Pak Rektor sebagai salah satu figur berkarakter negarawan tentunya dalam menyelesaikan persoalan mengedepankan langkah-langkah kekeluargaan musyawarah mufakat," katanya, Minggu (2/8/2020).

Perlu diketahui, gugatan Yunantyo atau YAS di PN Semarang ini merupakan rangkaian dari perkara dugaan plagiarisme yang diduga dilakukan Rektor Unnes. Dalam hal ini, Yunantyo pernah mengadu ke UGM terkait dugaan tersebut pada 23 Oktober 2018 lalu.

Atas aduannya itu, Yunantyo kemudian dilaporkan oleh Rektor Unnes ke Ditreskrimum Polda Jateng atas dugaan pencemaran nama baik pada 9 Januari 2019.

Tak terima atas laporan di Polda tersebut, Yunantyo lantas melayangkan gugatan terhadap Rektor Unnes dengan gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) ke PN Semarang. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved