Breaking News:

KKN Undip

Lihat Potensi Desa Rowodadi Purworejo, Mahasiswa KKN Undip Ajari Pembuatan Keripik Kelapa

Mahasiswa KKN Tim II Undip 2020, Regina Indraswari Susmitha memberikan pendampingan sektor kemandirian ekonomi di Desa Rowodadi, Kecamatan Grabag, Kab

IST
Mahasiswa KKN Tim II Undip Regina Indraswari Susmitha memberikan pelatihan pembuatan, perencanaan anggaran, dan pemasaran keripik kelapa di Desa Rowodadi, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo. 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOREJO – Mahasiswa KKN Tim II Undip 2020, Regina Indraswari Susmitha memberikan pendampingan sektor kemandirian ekonomi di Desa Rowodadi, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo.

Dari potensi yang terdapat di desa ini, banyak pohon kelapa yang masih dapat dilakukan pengembangan sumber daya alam guna kemakmuran warga.

Ia memberikan pelatihan pembuatan keripik kelapa pada warga Desa Rowodadi.

Kegiatan pelatihan dilakukan mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Regina mengungkapkan, pelatihan pembuatan keripik kelapa bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai potensi di desanya sendiri, yaitu banyak tanaman kelapa.

“Desa Rowodadi terdapat tanaman kelapa dalam jumlah yang banyak, namun hanya diolah menjadi Gula Jawa dan dijual berupa bahan baku kelapa muda, sehingga harga jualnya belum maksimal,” katanya, Senin (3/8/2020).

Oleh karena itu, lanjutnya, untuk meningkatkan nilai ekonomis tanaman kelapa, maka dilakukan pelatihan pembuatan keripik kelapa.

Kegiatan pelatihan tersebut tidak hanya dilakukan dengan memberi contoh bagaimana proses pembuatannya, namun juga diberi tahu bagaimana melakukan perencanaan anggaran dalam pembuatan keripik kelapa dan penentuan harga pokok penjualannya.

Hal tersebut merupakan hal yang utama pada saat melakukan kegiatan usaha atau bisnis.

Menurut Yanti, salah satu kader Tim Penggerak PKK desa setempat, keripik kelapa ini rasanya sangat enak dan masih langka di pasaran.

“Produk ini layak untuk dijual karena rasanya yang gurih dan renyah” tuturnya.

Kepala Desa Rowodadi, Sumarno mengatakan, dengan diselenggarakannya kegiatan KKN di desa sendiri diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat terhadap bidang usaha atau bisnis, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Kepala P2KKN Undip, Fahmi Arifan menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 ini, kegiatan KKN difokuskan pada pendampingan masyarakat untuk menghadapi pandemi.

“Harapannya, hasil pengetahuan mahasiswa yang selama ini dipelajari di kampus dapat diaplikasikan ke masyarakat,” kata Fahmi.(*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved