Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Ajari Pemilik UMKM Warga Sleman Cara Menulis Praktis

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, Benrindang Latusura, memberikan pelatihan mengenai cara “menulis praktis” bagi para pemilik UMKM.

IST
Mahasiswa Undip Ajari Warga Sleman Cara Menulis Praktis 

TRIBUNJATENG.COM, SLEMAN - Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan Universitas Diponegoro tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

KKN kali ini mengusung tema “KKN Pulang Kampung” di mana para mahasiswa diharuskan melaksanakan KKN secara individu di domisili masing-masing guna mengurangi potensi penyebaran pandemi virus Covid-19.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 5 Juli 2020 - 15 Agustus 2020.

Meskipun dihadapkan langsung dengan ancaman pandemi, mahasiswa diharapkan dapat tetap bermanfaat bagi masyarakat dengan cara-cara yang kreatif dan inovatif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, Benrindang Latusura, memberikan pelatihan mengenai cara menulis praktis bagi para pemilik UMKM.

Cara menulis praktis yang dimaksud di sini adalah cara praktis menulis pembukuan keuangan menggunakan aplikasi android BukuWarung.

Kegiatan ini dilaksanakan di Dukuh Karangjati, Kelurahan Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Benrindang Latusura selaku mahasiswa jurusan Akuntansi Universitas Diponegoro yang menjalankan program kerja ini, mengungkapkan, salah satu faktor yang menyebabkan sulitnya UMKM untuk berkembang adalah para pemiliknya yang enggan melakukan pembukuan untuk mencatat seluruh aktivitas- aktivitas keuangan usahanya, seperti saat adanya pemasukan atau pengeluaran.

“Padahal, pembukuan ini sangatlah penting karena selain dapat digunakan untuk menghitung besarnya keuntungan usaha secara pasti,” katanya, Senin (3/8/2020).

Pembukuan ini, lanjut mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis ini, juga dapat digunakan untuk memisahkan aset bisnis dan aset pribadi yang mana merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pemilik UMKM.

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved