Breaking News:

KKN Undip

Probiotik Herbal Kreasi Mahasiswa KKN Undip, Panen Ikan Lele Hanya 1 Bulan

Pelaksanaan KKN Pulang Kampung ini dilakukan pula oleh Anto, mahasiswa jurusan Akuakultur yang saat ini sedang melaksanakan program kerja pertama

IST
Pembuatan probiotik herbal di RT 02 RW 04 Dengkeksari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kegiatan KKN UNDIP TIM II Periode 2020 yang dilaksanakan mulai 5 Juli 2020 dengan lokasi pada masing-masing domisili mahasiswa.

Pelaksanaan KKN Pulang Kampung ini dilakukan pula oleh Anto, mahasiswa jurusan Akuakultur yang saat ini sedang melaksanakan program kerja pertama yaitu pelatihan budidaya ikan lele untuk masyarakat.

Saat minggu pertama ketika observasi dan survey lokasi di Dusun Dengkeksari, Tembalang, Semarang, terdapat beberapa data yang diperoleh mengenai kondisi desa.

Seperti lokasi desa yang berada di Semarang bagian atas yang jauh dari laut sehingga kosumsi ikan masih kurang karena jika ingin membeli ikan harus turun jauh ke Semarang bawah.

Pada masa pandemi seperti ini masih banyak warga yang kekurangan bahan pangan mandiri apalagi kebutuhan protein hewani seperti ikan.

Adanya kondisi ini, Mahasiswa KKN UNDIP melakukan pelatihan budidaya ikan lele untuk kebutuhan pangan warga.

Kegiatan ini dilakukan bagi warga RT 02 RW 04 Dengkeksari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Pelatihan budidaya ikan lele meliputi cara berbudidaya dengan baik dan benar, mengetahui ciri-ciri memilih benih yang bagus, mengatasi ikan yang sakit, pembuatan pakan mandiri yang murah meriah dari bahan-bahan yang mudah di dapat di sekitar rumah,dan pembuatan probiotik.

Pembuatan probiotik dengan bahan-bahan herbal tanpa bahan kimia yang bagus untuk pertumbuhan ikan sehingga bisa panen dengan waktu 1 bulan dengan benih ikan ukuran LBG (Lele Baru Gede) yaitu sekitar 9-12 cm.

Pembuatan probiotik
Pembuatan probiotik (IST)

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat cocok dan mudah diaplikasikan oleh masyarakat secara luas dalam menjaga ketahanan pangan dan pemenuhan nutrisi dalam mengatasi kekurangan gizi dan peluang usaha dipandemi covid-19,” katanya, Senin (3/8/2020).

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved