Breaking News:

BPS Kendal Siap Rekrut 852 Petugas Sensus Lapangan, Ini Syarat dan Ketentuannya

BPS Kabupaten Kendal akan merekrut 852 tenaga sensus penduduk lapangan, pendaftaran sudah dimulai sejak Rabu.

TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
Kepala BPS Kendal, Ummi Hastuti 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kendal akan merekrut 852 tenaga sensus penduduk lapangan. Pendaftaran sudah dimulai sejak, Rabu (5/8/2020) kemarin hingga, Jumat (7/8/2020) besok.

Kepala BPS Kendal, Ummi Hastuti, mengatakan dalam 3 hari itu pendaftaran semuanya dilakukan melalui daring pada laman https://s.bps.go.id/MitraSP2020_Kendal

Melalui laman tersebut, masyarakat akan diarahkan untuk mengisi form pendaftaran sebagai calon tenaga sensus penduduk 2020 di lapangan.

Menurut Ummi, terdapat beberapa syarat bagi masyarakat yang ingin menjadi tenaga sensus. Di antaranya minimal lulusan SMA sederajat, berumur 18-45 tahun, berdomisili di Kendal, sehat jasmani rohani, berkepribadian baik, tidak PNS, serta bisa mengoperasikan smartphone dengan baik.

Pihaknya juga mengutamakan pendaftara yang sudah bermitra atau pernah ikut dalam kegiatan BPS sebelumnya. Hal tersebut guna mempermudah kordinasi yang semuanya akan dilakukan melalui daring.

"Ada batasan umur karena terkait daya tahan tubuh saat bertugas di lapangan. Kemudian KTP Kendal karena tugasnya di wilayah Kendal juga siap bertugas selama 15 hari nantinya," tutur Ummi di Kendal, Kamis (6/8/2020).

Katanya, hingga kini sudah 1.272 pendaftar yang sudah mendaftarkan diri sebagai calon tenaga sensus penduduk 2020.

Rencananya, pada 10 Agustus nanti akan diumumkan hasil seleksi administrasi, selanjutnya pendaftar yang lolos akan mengikuti tes online pada 11 Agustus 2020. Sementara pengumuman akhir dilaksanakan pada 12 Agustus mendatang.

Bagi pendaftar yang dinyatakan lolos hingga ke tahap akhir wajib mengikuti bimbingan secara daring sebelum terjun ke lapangan. Hanya saja, jadwal bimbingan tersebut akan diumumkan setelah pengumuman akhir.

Rencananya, petugas sensus penduduk akan melakukan tugasnya di lapangan pada 1-15 September nanti. Setiap petugas diusahakan bertugas pada desanya masing-masing dengan alokasi sekitar 10 RT perorang.

"Pendaftaran terbuka, seleksi terbuka namun final keputusan tetap ada pada PPS," terangnya.

Kata Ummi, dalam pelaksanaan sensus nanti, petugas akan dibekali alat pelindung diri meliputi sarung tangan, masker, handsanitizer, dan juga pelindung muka. Karenanya, ia mengimbau agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam sensus penduduk 2020 baik menjadi petugas maupun masyarakat.

"Harapan kita, masing-masing petugas merupakan warga sesa itu sendiri guna mempermudah jalannya sensus penduduk itu," (*)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved