Breaking News:

KKN Undip

Nasi Basi Jadi Pupuk Organik Cair Racikan Mahasiswa KKN Undip

Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Nasi Basi menjadi Pupuk Organik Cair (POC) di Rumah Warga RT 01 RW 04 Desa Kemiri (27/07/2020)

IST
Pelatihan Pemanfaatan Nasi Basi menjadi Pupuk Organik Cair (POC) di rumah warga Desa Kemiri, 27 Juli 2020 

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS – Mahasiswa Tim II KKN Undip 2020 Aisyah Nugrahaeni melakukan kegiatan kreatif di lokasi pelaksanaan KKN di Desa Kemiri, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Mahasiswa Agribisnis ini membuat kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Nasi Basi untuk Pupuk Organik Cair (POC).

Program ini dilakukan untuk memberikan informasi mengenai pemanfaatan limbah nasi basi yang berlimpah di Desa Kemiri untuk dimanfaatkan menjadi pupuk organik cair (POC).

“Masyarakat di Desa Kemiri masih banyak yang kurang peduli dengan limbah rumah tangga seperti nasi basi,” katanya, Rabu (5/8/2020).

Nasi basi biasanya hanya dibuang begitu saja atau digunakan sebagai pakan ternak sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap dan dapat menjadi sumber penyakit.

Nasi basi dapat diolah menjadi pupuk organik cair yang memiliki banyak khasiat bagi pertumbuhan tanaman.

Pembuatan POC ini tergolong mudah dan murah sehingga mudah diterapkan karena bahannya banyak tersedia yaitu berupa nasi basi, gula dan air.

Prosedur pembuatan POC dengan cara melarutkan gula dengan air, kemudian dicampurkan dengan nasi basi, lalu dimasukkan ke dalam botol mineral bekas dan didiamkan selama 7 hari.

Pengaplikasian pupuk cair ini dapat disiramkan dan disemprotkan ke daun.

Pupuk cair ini dapat digunakan untuk berbagai tanaman palawija dan perkebunan kecuali padi.

Dengan adanya program ini diharapkan agar pengolahan limbah nasi basi lebih bermanfaat dan tidak mencemari udara dan perairan dalam pembuatan pupuk organik cair.

Serta dapat ditindaklanjuti oleh masyarakat di Desa Kemiri untuk diproduksi secara masal agar dapat menggantikan pupuk anorganik sebagai pupuk tanaman.

Kepala P2KKN Undip, Fahmi Arifan menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 ini, kegiatan KKN difokuskan pada pendampingan masyarakat untuk menghadapi pandemi.

“Harapannya, hasil pengetahuan mahasiswa yang selama ini dipelajari di kampus dapat diaplikasikan ke masyarakat,” kata Fahmi.(*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved