Breaking News:

KKN Undip

Siswa di Banyumas Keluhkan Belajar Online Matematika, Mahasiswa KKN Undip Hadir Beri Solusi

Pemerintah masih memberi kebijakan di tengah pandemic covid-19 pada lembaga pendidikan agar kegiatan belajar mengajar (KBM) jarak jauh dan siswa-siswi

IST
Mahasiswa KKN Tim II Undip, Dini Febriani memberikan bimbingan belajar matematika pada para siswa di Desa Karangklesem, Kecamatan Pekuncen, Banyumas 

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS – Pemerintah masih memberi kebijakan di tengah pandemic covid-19 pada lembaga pendidikan agar kegiatan belajar mengajar (KBM) jarak jauh dan siswa-siswi dapat tetap belajar di rumah secara optimal dengan sistem pembelajaran online.

Namun kenyataannya, banyak siswa yang menemukan kendala semisal mengeluhkan sistem pembelajaran secara online.

Mereka hanya diberikan materi pembelajaran tanpa penjelasan rinci oleh guru sebagaimana ketika mereka belajar dengan tatap muka langsung.

Suratmi, salah satu orangtua dari siswa sekolah dasar mengeluh kesulitan mengajarkan anaknya dalam belajar  matematika.

“Saya merasa kesulitan mengajarkan anak saya terutama matematika, seharusnya kan guru memberikan penjelasan langsung. Matematika bukan seperti mata pelajaran lain yang hanya membaca dan menghafal sudah cukup,” ujar Suratmi.

Mahasiswa KKN Tim II Undip, Dini Febriani yang melakukan kegiatan KKN di Desa Karangklesem, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah, hadir di tengah persoalan tersebut.

Mahasiswi Fakultas Sains dan Matematika ini memberikan fasilitas belajar matematika mencakup bimbingan belajar matematika untuk siswa SD dan SMP di RW 05 Desa Karangklesem, Kecamatan Pekuncen.

Selain itu juga memberikan buku cara mudah dan cepat memahami matematika.

“Buku tersebut  dapat dijadikan sebagai penunjang dalam belajar matematika. Buku tersebut juga akan disumbangkan untuk perpustakaan desa,” katanya.

Adanya bimbingan belajar matematika tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di tengah pandemi saat ini.

Selain itu, siswa/i juga diberikan buku solusi mudah dan cepat belajar matematika yang diharapkan dapat membantu siswa/i dalam memahami materi matematika yang diberikan oleh guru secara online. 

Bimbingan belajar matermatika dan pemberian buku solusi mudah belajar matematika tersebut  mampu mengubah cara pandang siswa/i yang memandang bahwa matematika merupakan mata pelajaran tersulit menjadi mata pelajaran yang mudah dan menyenangkan.

Sehingga permasalahan terkait kesulitan orangtua dalam membimbing anak-anaknya belajar di masa pandemi Covid-19 mejadi salah satu solusi.

Kepala P2KKN Undip, Fahmi Arifan menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 ini, kegiatan KKN difokuskan pada pendampingan masyarakat untuk menghadapi pandemi.

“Harapannya, hasil pengetahuan mahasiswa yang selama ini dipelajari di kampus dapat diaplikasikan ke masyarakat,” kata Fahmi. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved