Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN UNDIP Latih Warga Buat Mikroorganisme Lokal Anti Ribet dan Multifungsi

Mahasiswa Undip tengah melakukan kegiatan KKN yang berbeda, KKN kali ini dilakukan di kampung halaman masing masing.

IST
Mahasiswa KKN Undip melatih pembuatan Mikroorganisme Lokal yang dapat digunakan sebagai POC (Pupuk organik cair) serta sebagai starter dekomposer pupuk kompos pada warga Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mahasiswa Undip melakukan kegiatan KKN yang berbeda, kali ini dilakukan di kampung halaman masing masing.

Bertujuan mencegah penyebaran virus Covid-19 yang sedang melanda dunia termasuk Indonesia.

Pandemi Covid-19 ini menyebabkan masyarakat lebih banyak melakukan aktivitas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Dalam kondisi yang sedang dilanda pandemi Covid-19, ada banyak permasalahan yang terjadi salah satunya masalah ekonomi.

Di tengah kondisi yang sedang dilanda pandemi Covid-19 ini, sudah menjadi aktivitas baru masyarakat untuk melakukan kegiatan bercocok tanam di sekitar pekarangan rumah.

Hal ini dengan tujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan.

“Namun masih banyak masyarakat yang belum dapat memanfaatkan sisa limbah yang ada dari rumah untuk hal yang bermanfaat, sehingga sebagian dari masyarakat khususnya RT 03 RW 02 Kecamatan Tembalang, Kota Semarang menggunakan pupuk kandang yang dibeli sebagai pupuk untuk tanaman mereka,” kata mahasiswa Undip, Monica Lasmaria Simare Mare, Kamis (6/8/2020).

Hal ini yang menyebabkan mahasiswa KKN Undip melakukan pelatihan pembuatan Mikroorganisme Lokal yang dapat digunakan sebagai POC (Pupuk organik cair) serta sebagai starter dekomposer pupuk kompos.

Bahan yang digunakan antaralain kulit pisang, nasi basi, air leri, serta gula merah ini dapat disulap menjadi sesuatu yang multifungsi.

Kemudahan dalam pembuatan mikroorganisme lokal ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif dalam kebun kecil masyarakat.

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved