Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswi Undip Ajarkan Masyarakat Ubah Sampah Jadi Rupiah

Lovensia Albasit, satu-satunya mahasiswa Undip yang menjalankan KKN di desa tersebut menkolaborasikan aspek lingkungan, ekonomi dan pencegahan pandemi

IST
Video cara membuat Ecobrick dan aplikasinya oleh Lovensia Albasit mahasiswa KKN Undip untuk Desa Langon, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Kegiatan KKN Undip di Desa Langon, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara masih terus berlanjut. 

Lovensia Albasit, satu-satunya mahasiswa Undip yang menjalankan KKN di desa tersebut memadukan aspek lingkungan, ekonomi dan pencegahan pandemi COVID-19 dalam suatu video yang dipersembahkan untuk masyarakat Desa Langon.

Video berjudul “Cara Membuat Ecobrick dan Aplikasinya di Tengah Masa Pandemi COVID-19” telah diunggah di YouTube dan mendapat lebih dari 80 views.

Video tersebut dibuat untuk memberikan panduan kepada masyarakat mengenai cara membuat ecobrick.

Ecobrick tersebut dapat dijual di e-commerce untuk tambahan penghasilan masyarakat di tengah masa pandemi tanpa mengeluarkan modal yang besar.

“Video tersebut juga menunjukkan kontribusi ecobrick dalam mencegah transmisi virus corona,” kata Lovensia, Kamis (6/8/2020).

Video berdurasi 11 menit tersebut merupakan bagian dari output program kerja KKN bertemakan Sustainable Development Goal (SDG), yakni SDG nomor 14 atau Life Below Water.

Hal tersebut sejalan dengan topik inti video, yaitu mendaur ulang sampah plastik sebagai upaya untuk mengurangi jumlah sampah plastik di biosfer.

Ecobrick sendiri merupakan batu bata ramah lingkungan yang dibuat dari botol plastik dan diisi penuh dengan sampah plastik hingga padat dan kuat.

Ecobrick dapat disusun menjadi furniture, seperti kursi, meja, dan sebagainya.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved