Breaking News:

Peringati Hari Jadi ke-697, Bupati Pati Haryanto Pimpin Ziarahi Makam Adipati Tombronegoro

Bupati Pati Haryanto menjadi inspektur Upacara Hari Jadi ke-697 Kabupaten Pati di Halaman Sekda Kabupaten Pati, Jumat.

Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Bupati Pati Haryanto menabur bunga di makam Adipati Tombronegoro, Jumat (7/8/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto menjadi inspektur Upacara Hari Jadi ke-697 Kabupaten Pati di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Jumat (7/8/2020).

Upacara tersebut dihadiri peserta secara terbatas demi menerapkan jarak aman. Upacara ini hanya diikuti Forkopimda, Staf Ahli, Asisten Sekda, Kepala OPD, dan Camat. Mereka mengenakan baju adat khas Kabupaten Pati dan menerapkan protokol kesehatan.

“Meskipun Upacara Hari Jadi dilaksanakan secara sederhana, tetapi tidak mengurangi kekhidmatan dan rasa syukur kita dalam memperingati Hari Jadi ke-697 Kabupaten Pati yang kita cintai ini,” ujar Haryanto dalam amanatnya.

Pada usia yang ke-697 ini, lanjutnya, Kabupaten Pati telah meraih berbagai prestasi dalam kemajuan pembangunan. Ini merupakan bukti nyata kerja sama, keguyuban, kerukunan, kegotong-royongan, dan kolaborasi antara semua elemen masyarakat Kabupaten Pati.

“Kepada seluruh elemen masyarakat, kami harap terus memberi dukungan dan partisipasi secara aktif dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Pati dalam kondisi apapun,” harapnya.

Dalam upacara tersebut, Haryanto juga menyampaikan sepak terjang pemerintah Kabupaten Pati dalam menangani penyebaran Covid-19 sejak bulan Maret 2020 sampai dengan sekarang. Di antaranya adalah dengan mengeluarkan Peraturan Bupati nomor 49 tahun 2020 tentang Pedoman Menuju Tatanan Normal Baru.

"Penanganan corona bukan sekadar upaya pencegahan, melainkan juga bantuan stimulan yang diberikan kepada masyarakat dalam kondisi pandemi saat ini," tegasnya.

Usai Upacara Hari Jadi, Bupati Haryanto ersama Wakil Bupati Saiful Arifin, Sekda Suharyono, dan Forkopimda melakukan ziarah ke makam Adipati Tombronegoro, Bupati Pati pertama, dengan berjalan kaki.

Apabila tahun sebelumnya ziarah dilakukan pada malam hari, tahun ini ziarah dilakukan di pagi hari.

Durasi ziarah pun dipersingkat dan tetap melakukan protokol kesehatan. Namun demikian, meski terbatas, pelaksanaan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Pati tidak meninggalkan tradisi.

Bupati mengatakan, harapan yang dipanjatkan pada Hari Jadi ialah agar pandemi segera berakhir dan masyarakat bisa beraktivitas normal kembali. (*)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: sujarwo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved