Breaking News:

Tiga Manfaat Jahe Merah untuk Redakan Gangguan Lambung

Kini jahe merah populer karena berkhasiat untuk kesehatan, di antaranya mengobati mual dan muntah.

Editor: sujarwo
IST
UNS mengembangkan budidaya jahe merah di Desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM -  Berbicara tentang jahe merah, mungkin Anda tak lagi mengenalnya sebagai bumbu dapur belaka. Kini, tanaman rimpang ini populer karena berkhasiat untuk kesehatan.

Terutama di masa pandemi seperti saat ini, manfaat jahe merah dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena jahe merah mengandung zat antiradang dan antibakteri, seperti shogaol dan gingerol, yang membantu mencegah infeksi virus dan bakteri.

Tak cukup sampai di situ, khasiat jahe merah juga baik bagi Anda yang mengalami gangguan lambung, seperti mual, begah, kembung, dan gejala sakit maag lainnya.  Berikut 3 manfaat jahe merah untuk meredakan sakit lambung.

Mengobati mual dan muntah

Jahe merah telah digunakan sebagai tanaman herbal yang dapat mengatasi gangguan pencernaan sejak zaman nenek moyang. Salah satunya sebagai obat mual dan muntah.

Kini, jahe merah juga masih diandalkan sebagai obat antimual karena kemampuannya yang efektif untuk memecah gas yang terdapat pada saluran pencernaan. Ini karena jahe memiliki efek karminatif, yakni mengeluarkan kelebihan gas dalam saluran pencernaan.

Meringankan gejala maag, seperti kembung

Bagi Anda yang rentan terkena maag, para peneliti menemukan fakta jahe merah mampu meningkatkan pengosongan lambung dan kontraksi lambung bagian bawah.

Dengan begitu, jahe merah dapat meredakan berbagai gejala sakit maag, seperti kembung dan begah.

Mengobati tukak lambung

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved