Breaking News:

PENDIDIKAN

Senangnya, Para Pelajar Bisa Menikmati Wifi Gratis di Masjid An Nur

Mahalnya ongkos yang dikeluarkan untuk beli kuota data internet, membuat pelajar menggunakan berbagai cara untuk bisa dapat gratisan wifi.

IST
Sejumlah pelajar mengikuti PJJ dan belajar membaca Al-Quran di Masjid An Nur Bululor Kota Semarang, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Suka cita mewarnai pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) para pelajar di Masjid An Nur Bululor, Kota Semarang. Baik siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) mendatangi masjid tersebut.

Selain bisa mengakses internet secara gratis, para pelajar juga bisa mendapatkan ilmu agama.

Pasalnya usai mengikuti PJJ mereka diajak belajar membaca Alquran oleh Takmir Masjid.
Ikhsan Ayodia Dayu, satu di antaranya. Ia mengaku selalu datang ke Masjid An Nur dari Senin hingga Jumat.

"Kalau di rumah harus beli kuota internet, kalau di sini kan gratis dan banyak teman," jelas siswa kelas IV di SD Pendrikan 2 Kota Semarang, saat ditemui Tribun Jateng di Masjid An Nur, Senin (10/8).

Bocah kelas IV itu menuturkan, Takmir Masjid An Nur juga meminjamkan telepon pintar bagi pelajar yang tidak punya gadget.

"Kami juga didampingi seorang guru jika tidak bisa mengakses PJJ, atau kebingungan saat mengoprasikan telepon pintar," katanya.

Sementara itu  Riat dan Adil, Takmir Masjid An Nur menuturkan, beberapa hari lalu puluhan pelajar mengikuti memadati Masjid.

"Jumat lalu sekitar 38 pelajar memadati Masjid sedari pagi, namun meski mengikuti PJJ di Masjid para pelajar kami wajibkan mematuhi protokol kesehatan," papar Riat.

Ia menambahkan, selain bisa mengakses internet secara cuma-cuma, para pelajar juga diajarkan baca tulis Alquran.

"Usai mengikuti PJJ mereka belajar baca tulis Al-Quran, kebetulan saya satu di antara tutornya. Selain itu kami juga memberikan sedikit pengetahuan umum," ucapnya.

Sholeh, Pembina Takmir Masjid An Nur, mengatakan, penyediaan fasilitas untuk para pelajar mulai dilakukan pekan lalu.

"Karena banyak pelajar yang terkendala biaya, khususnya untuk membeli kuota internet, maka para pengurus Masjid menyediakan fasilitas tersebut," katanya.
Diterangkan Sholeh, biaya internet dan beberapa fasilitas ditanggung oleh Masjid An Nur. "Kami berharap bisa sedikit meringankan dan membantu para pelajar mendapatkan ilmu di tengah pandemi Covid-19," tambahnya. (budi susanto)

Penulis: budi susanto
Editor: moh anhar
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved