Breaking News:

Terdampak Refocusing, Peningkatan Tiga Ruas Jalan Kabupaten di Pati Terpaksa Ditunda

Pekerjaan peningkatan tiga ruas jalan kabupaten di Pati ditunda hingga tahun depan.

Istimewa
Ilustrasi: Petugas meninjau peningkatan salah satu ruas jalan kabupaten di Pati 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Pekerjaan peningkatan tiga ruas jalan kabupaten di Pati ditunda hingga tahun depan.

Tiga ruas jalan itu adalah Jalan Pati-Gabus sepanjang 7 kilometer, Jaken-Jakenan sepanjang 9,5 kilometer, dan Kayen-Tambakromo sepanjang 7 kilometer.

Penundaan ini terjadi lantaran anggaran peningkatan jalan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai sekira Rp 22 miliar dibatalkan dan baru diganti pada 2021 mendatang.

Kasi Peningkatan Jalan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pati, Hasto Utomo, menjelaskan bahwa penundaan tersebut merupakan dampak pandemi Covid-19.

"Anggaran terkena refocusing untuk penanganan Covid-19. Namun, meski dibatalkan pada tahun ini, tahun depan anggaran tersebut akan dikembalikan secara utuh lagi," kata dia, Senin (10/8/2020).

Hasto mengatakan, peningkatan jalan di ruas jalan tersebut cukup mendesak.

Selain butuh pelebaran, kondisi jalan tersebut juga banyak yang sudah berlubang sehingga kurang nyaman untuk dilalui kendaraan.

”Kemarin untuk sementara kami hanya bisa menangani dengan cara ditambal saja,” terang Hasto.

Untuk diketahui, ruas jalan tersebut saat ini hanya selebar empat meter. Nantinya akan dilebarkan dua meter sehingga menjadi enam meter.

Di luar ketiga ruas jalan kabupaten yang ditunda pengerjaannya akibat refocusing, Pemkab Pati melalui DPUTR telah melaksanakan pekerjaan peningkatan di enam ruas jalan, yakni Jalan Guwo-Jollong, Margoyoso-Tayu, Juwana-Jetak, Lahar-Gunungsari, jalan tambat kapal di Juwana, dan ruas jalan Guyangan-Glonggong. (*)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved