Breaking News:

Berita Pati

Dorong Koperasi Salurkan Pinjaman Berkualitas, Dinkop UMKM Pati Gelar Pelatihan

Pelatihan ini digelar agar koperasi-koperasi yang ada di Pati bisa memberikan pinjaman yang berkualitas.

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM) Kabupaten Pati menyelenggarakan Pelatihan “Menyusun Kebijakan dan Strategi Pinjaman bagi Koperasi Simpan Pinjam”, Selasa (11/8/2020).

Pelatihan yang diikuti 30 peserta ini berlangsung di Aula Dinkop UMKM Pati.

Pelatihan ini berlangsung tiga hari, mulai hari ini hingga Kamis (13/8/2020) mendatang.

Kasi Pemberdayaan dan Pelatihan Koperasi pada Dinkop UMKM, Nanik Indriyati, menjelaskan bahwa pelatihan ini digelar agar koperasi-koperasi yang ada di Pati bisa memberikan pinjaman yang berkualitas.

Menurutnya, selama ini masih ada sejumlah koperasi yang kurang pandai mengelola penyaluran pinjaman, sehingga banyak terjadi kredit macet.

Naniek berharap, dengan adanya pelatihan ini, ke depan koperasi-koperasi yang ada di Pati bisa memberikan pinjaman berkualitas, sehingga tidak banyak peminjam yang macet, atau bahkan tunggakan merah.

“Banyak yang kurang lancar, sehingga (dalam pelatihan ini dijelaskan) bagaimana penyaluran pinjaman itu harus pakai teknis, pakai syarat, analisis kelayakan usaha harus disurvei, baru pengikatan agunan dan pencairan. Kalau koperasi memberikan pinjaman pada anggota tanpa agunan itu berisiko tinggi, nanti akhirnya bermasalah. Kalau kurang lancar bisa ditagih, tapi kalau sudah tunggakan merah sama sekali tidak bisa ditarik, maka harus diikat dengan agunan,” ujar dia.

Naniek mengatakan, dengan peningkatan kualitas dalam memberi pinjaman, koperasi bisa meningkatkan volume penyaluran pinjamannya.

“Kalau tertib, kan, uang itu bisa diputar lagi volumenya. Kalau volume diputar lagi, pinjaman lancar, kan, meningkatkan pendapatan koperasi,” kata dia. (Mazka Hauzan Naufal)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved