Breaking News:

Gedung Juang Pati Dipersiapkan sebagai Ruang Pameran Foto dan Arsip Bersejarah

Gedung Juang Pati tengah dipersiapkan untuk menjadi ruang pamer foto serta arsip sejarah Pati tempo dulu.

Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal Suasana Kompleks Gedung Juang Pati, Selasa (11/8/2020) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Gedung Juang Pati tengah dipersiapkan untuk menjadi ruang pamer foto serta arsip sejarah Pati tempo dulu. Hal itu dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustaan (Arpus) Kabupaten Pati.

Bangunan bersejarah milik Kodim Pati yang berada di Jalan Panglima Sudirman tersebut saat ini dimanfaatkan sebagai ruang berkumpul dan berkegiatan beragam komunitas.

Selain itu, Gedung Juang juga menjadi satu di antara pusat kuliner malam di Pati.

Kabid Arsip pada Dinas Arpus Pati, Bernadeta Rachmat Kusumawati, mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan. Adapun penggunaan Gedung Juang sebagai ruang pameran itu akan mulai dilakukan pada perubahan anggaran tahun ini.

”Istilahnya bukan museum, tapi ruang pamer. Untuk koleksi foto-foto Pati tempo dulu dan beberapa arsip untuk masyarakat Pati. Rencananya memang setelah perubahan anggaran akan kami tata. Terutama untuk penambahan koleksi fotonya,” jelas perempuan yang akrab disapa Nana ini kepada Tribunjateng.com, Selasa (11/8/2020).

Saat ini, ujar Nana, pihaknya telah mengantongi surat izin pemakaian gedung dari Kodim 0718/Pati.

Selanjutnya, akan dilakukan identifikasi foto-foto mana yang akan dicetak untuk dipajang dalam gedung yang dibangun pada masa pemerintahan kolonial Belanda itu.

Untuk diketahui, Dinas Arpus memiliki cukup banyak foto-foto lama yang berhasilkan dikumpulkan. Di antaranya foto masa adipati, foto jalan, foto bangunan-bangunan ikonik seperti pendopo, dan juga masjid agung pada masa lalu.

Nana berharap, foto-foto bersejarah yang dipamerkan di ruang publik akan menambah wawasan sejarah masyarakat Pati. Sehingga, mereka akan lebih mengenali masa lalu kotanya sendiri. (*)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved