Breaking News:

Pendidikan

UPGRIS Dorong Kontribusi Mahasiswa KKN di Era Pandemi

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa UPGRIS diminta mampu memacu kontribusi di masyarakat di tengah pandemi corona.

ISTMEWA
Ilustarsi Mahasiswa KKN UPGRIS pada 2018 silam 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Lembaga Penelian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) gelar webinar Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Membangun Desa dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis KKN Menyongsong Merdeka Belajar, Selasa (11/8).

Hadir narasumber Nasrun Annahar, Staf Khusus Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dan Ir Udrekh Direktur Sistem Penanggulangan Bencana Deputi Bidang Sistem dan Strategi (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).
KKN Membangun Desa yang juga disebut KKN T Covid-19 Literasi dan Numerasi merupakan aktualisasi kolaborasi program Ditjen Kemdikbud, BNPB, AIPKI, ISMKI, UPGRIS, FPT PRB, Pemda, Kementerian Kesehatan, dan Stakeholders.
Tujuan dari program KKN T di antaranya meningkatkan kompetensi dan peran mahasiswa sebagai agen perubahan untuk masyarakat.
Selain itu juga meningkatkan jiwa kerelawanan dan kemampuan kolaborasi, memacu kontribusi konkret mahasiswa dalam penanganan Covid-19 dan peningkatan literasi dan numerasi.
Mahasiswa juga bisa mengembangkan kapasitas, pengetahuan, dan mendorong peningkatan kesadaran masyarakat dalam perubahan perilaku adaptasi kebiasaan baru.
Nasrun Annahar menyampaikan mengenai materi Gotong Royong Membangun Desa. Dia menuturkan, proyek desa membangun SDM unggul perdesaan, seta membangun transformasi ekonomi perdesaan.
“Monev kampus merdeka untuk desa. Before-after di antaranya self report mahasiswa refleksi pelaksanaan program dokumentasi/publikasi tugas. Manfaat Perkembangan status desa, Pemanfaatan dana desa, Partisipasi masyarakat, revitalisasi BUMDes," ungkapnya.
Rektor UPGRIS, Dr Muhdi menjelaskan kegiatan ini kerjasama UPGRIS, Kemendikbud, Kemendesa, dan BNPB.
“Kegiatan ini sebagai bentuk dharma ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat. Mampu memberikan pencerahan atau inspirasi untuk melaksanakan KKN tematik di desa masing-masing," tuturnya.
Kepala Pusat PPM dan KKN LPPM UPGRIS Arisul Ulumuddin, menjelaskan KKN T tahun ini akan dilaksanakan 17 Agustus sampai 17 September 2020. (m sholekan)

Penulis: Muhammad Sholekan
Editor: moh anhar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved