Breaking News:

Liputan Khusus

DPRD Jateng Harap Pelabuhan dan Akses KA Dimaksimalkan

Ketua Komisi C DPRD Jateng, Asfirla Harisanto menyambut baik adanya percepatan pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang.

TRIBUN JATENG/MAMDUKH ADI
Ketua Komisi C DPRD Jateng, Asfirla Harisanto (kanan) saat rapat rencana kerja perangkat daerah dengan sejumlah OPD baru-baru ini. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ketua Komisi C DPRD Jateng, Asfirla Harisanto menyambut baik dengan adanya percepatan pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. Menurutnya hal tersebut dapat berdampak baik bagi lingkungan sekitar. Antara lain dapat meningkatkan perekonomian warga setempat, menaikkan harga tanah dan masih banyak lainnya .

"Itu nanti membawa dampak baik juga yakni dapat menaikkan UMR bagi daerah setempat," ujar Bogi, sapaan akrab Asfirla Harisanto.

Hanya saja pihaknya meminta infrastruktur yang ada di KIT Batang nantinya harus lebih lengkap.
Sehingga jalur keluar masuk barang dari dan ke Jakarta, Surabaya serta daerah lainnya tidak perlu keluar masuk daerah kawasan.

"Jadi kalau bisa ada jalur kereta api yang masuk dan memiliki terminal sendiri supaya jalur petikemas tidak perlu keluar dari kawasan," pungkasnya.

Komisi C DPRD Jateng yang membidangi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) seperti PT KIW meminta agar persereoan ini melakukan percepatan agar KIT Batang bisa segera terealisasi.

"Nantinya, ini bisa membangkitkan perekonomian warga sekitar. Banyak tenaga kerja yang akan terserap. Warga bisa berdagang di sekitarnya," jelas Ketua Komisi C DPRD Jateng, Asfirla Harisanto.

Terkait infrastruktur, legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini meminta agar peran pelabuhan dan akses kereta api di KIT Batang bisa dimaksimalkan. Pasalnya, kata dia, lalu lintas distribusi barang via jalur laut dan kereta api lebih efektif dan efisien dibandingkan lalu lintas darat. "Melalui laut, ke Jakarta bisa, Surabaya bisa. Melalui kereta api juga lebih efisien dan efektif," ujarnya. (adv)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved