Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa Undip Ciptakan Prototipe Smart Corona Deterrence Virus Pencegah Covid-19

Diciptakan prototype smart corona deterrence virus pada lingkungan RT 03 RW 06 Desa Pangebatan guna mengurangi penyebaran COVID-19.

IST
Prototype Smart Corona Deterrence Virus diserahkan kepada Purwanto selaku Ketua RT 03/RW 06 Desa Pangebatan oleh mahasiswa KKN Undip, Fajar Iman Prasetyo 

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Kondisi warga Desa Pangebatan RT 03 RW 06, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dinilai masih kurang mematuhi protokol pencegahan penularan COVID-19 yang sudah dikeluarkan pemerintah.

Masih banyak warga yang berkerumun tanpa masker, kurangnya kesadaran masyarakat bahwa pentingnya cuci tangan, dan perlunya menjaga kesehatan tubuh selama work from home.

Oleh karena itu, perlu diciptakan prototype smart corona deterrence virus pada lingkungan RT 03 RW 06 Desa Pangebatan guna mengurangi penyebaran COVID-19.

Mahasiswa KKN Undip, Fajar Iman Prasetyo dari Departemen Teknik Elektro berhasil menciptakan suatu prototype yang diberi nama “Smart Corona Deterrence Virus” sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Prinsip kerja secara sederhana dari prototipe ini yaitu ketika sensor membaca adanya gerakan oleh manusia maka akan keluar suara dari speaker berupa peringatan untuk tetap menggunakan masker dan mencuci tangan ketika akan berpergian keluar rumah.

Prototipe ini juga bisa digunakan sebagai alarm.

Ketika setiap jam 07.00 alat ini akan berbunyi mengeluarkan suara peringatan untuk memulai kegiatan bekerja.

Setiap jam 09.00, akan berbunyi mengeluarkan suara peringatan untuk berjemur di luar rumah selama 10 menit untuk menjaga kesehatan tubuh.

“Suara yang digunakan sebagai peringatan menggunakan 2 bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris,” kata Fajar, Selasa (11/8/2020).

Dalam pembuatan prototype ini diperlukan beberapa komponen elektrik.

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved