Breaking News:

Berita Pekalongan

Warga Pekalongan Ngeyel Tak Pakai Masker Wajib Pakai Rompi Oranye Bertulisan Pelanggar Disiplin

Ratusan warga Pekalongan tak pakai masker wajib mengenakan rompi oranye bertulisan Pelanggar Disiplin.

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Ratusan orang yang melintas di Jalan Raya Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah tanpa menggunakan masker terjaring razia yang dilakukan oleh tim gabungan dari Satpol PP, TNI, Polri, BPBD, Dishub, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Rabu (12/8/2020).

Kabid Ketertiban Umum Satpol PP Kabupaten Pekalongan M Syamsul Helmi mengatakan, bahwa kegiatan tersebut untuk menindaklanjuti rapat koordinasi terkait adaptasi kebiasaan baru.

"Kegiatan ini mengacu pada peraturan bupati nomor 33 tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru."

"Kemudian, di peraturan tersebut salah satu pasal menyebutkan bagi warga yang tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, di antaranya tidak menggunakan masker maka akan mendapatkan tindakan disiplin," kata Helmi kepada Tribunjateng.com.

Kemudian, tindakan disiplin yang tercantum di dalam Perbup tersebut di antaranya, bagi yang melanggar diminta untuk membersihkan lingkungan sekitar, lalu menyayangikan lagu-lagu kebangsaan, dan melafalkan Pancasila.

"Apabila ditemukan warga yang tidak mengenakkan masker, maka yang bersangkutan diminta turun dari kendaraan lalu didata."

"Sebelumnya, mereka diberi pengarahan tentang pentingnya penggunaan masker selama masa adaptasi kebiasaan baru."

"Sebagai bentuk hukumannya, mereka disuruh mengenakan rompi orange dengan tulisan pelanggar disiplin lalu menyapu jalanan dan menghafalkan pancasila," imbuhnya.

Helmi mengungkapkan, hukuman tersebut memang tidak begitu berat, hanya sebagai efek jera bagi warga yang melanggar. Dengan demikian, ke depan mereka tidak lagi mengulangi tindakannya atau jika bepergian ke manapun akan menggunakan masker.

"Dalam waktu 45 menit operasi disiplin, tim gabungan berhasil mencatat 160 orang tidak menggunakan masker."

Halaman
12
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved