Breaking News:

Adanya Pandemi Covid-19, Transaksi Melalui ATM Bank Mandiri Mengalami Penurunan  

Adanya pandemi covid-19 membuat perubahan terhadap kebiasaan bertransaksi di masyarakat.

tribunjateng/dok
ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Adanya pandemi covid-19 membuat perubahan terhadap kebiasaan bertransaksi di masyarakat, sebab kini masyarakat lebih dominan melakukan transaksi secara digital seperti melalui mobile banking, terlebih guna meminimalisir penyebaran virus covid-19.

Vice President Transaction Banking Retail Head Mandiri Kantor wilayah Jateng dan DIY, Wicaksono Hario Putro mengatakan transaksi melalui anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Mandiri selama masa pandemi mengalami penurunan. “Selama masa pandemi ini, penurunan transaksi melalui ATM mulai terjadi sejak bulan April lalu,” ungkap Wicak kepada Tribun Jateng, Kamis, (13/8/2020).

Menurutnya, penurunan transaksi melalui ATM oleh nasabah ini dikarenakan semakin banyaknya sarana transaksi digital lainnya yg lebih praktis dan aman terlebih dimasa pandemi, diantaranya seperti mobile banking, mesin electronic data capture (EDC), eCommerce, agen Bank, QRIS dll. Hal ini yang menyebabkan ATM kini tidak lagi mejadi tumpuan utama sarana transaksi keuangan para nasabah.

Wicak menuturkan dari 1.184 mesin ATM yang tersebar di Jawa Tengah, frekuensi transaksi melalui mesin ATM mulai dari Januari 2020 hingga Juni 2020 berkisar 62.850.000, dengan jumlah nominal transaksi hingga Rp 45 T.

Lanjutnya, dimasa pandemi ini untuk transaksi melalui ATM lebih didominasi oleh nasabah dengan transaksi ke antar bank lainnya yakni sebesar 50,4 persen. Sementara itu untuk transaksi ke sesama Bank Mandiri sebesar 49,6 persen.

“Untuk lebih mengoptimalkan penggunaan mesin ATM oleh para nasabah, kami memilih untuk melakukan relokasi ATM dari lokasi yang sepi transaksi ke lokasi yg lebih memungkinkan untuk penggunaan transaksi yang lebih banyak,” kata Wicak.

Wicak pun juga mengatakan penggunaan ATM Bank Mandiri memiliki beberapa keuntungan diantaranya seperti transaksi di ATM Merah Putih gratis biaya cek saldo, biaya transfer antar bank yang murah sebesar Rp 4 ribu, serta melalui ATM Bank Mandiri nasabah dapat melakukan tarik tunai uang elektronik Link Aja.

“Selain itu nasabah juga dapat menikmati berbagai layanan transaksi pembayaran maupun pembelian yang kami tawarkan seperti pembayaran tagihan PLN, pembelian isi ulang pulsa, dan lain sebagainya,” tandasnya. (*)
 

--

Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved