Breaking News:

Berita Semarang

Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Patroli Hutan Sumowono, Pastikan Tak Ada Karhutla Pas Kemarau

Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono mengatakan memasuki musim kemarau Karhutla menjadi salah satu perhatian kepolisian.

Istimewa
Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono saat memimpin patroli di Hutan Sumowono, Kabupaten Semarang, Kamis (13/8/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) jajaran kepolisian Polres Semarang melakukan patroli di Hutan Sumowono, Kamis (13/8/2020).

Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono mengatakan memasuki musim kemarau Karhutla menjadi salah satu perhatian kepolisian untuk turut dilakukan pemantauan.

"Maka hari ini tadi saya beserta sejumlah anggota sengaja melakukan pengecekan lokasi. Karena wilayah Kabupaten Semarang ada cukup banyak lahan hutan," terangnya saat dihubungi Tribunjateng.com, Kamis (13/8/2020)

Menurut AKBP Gatot, dampak terjadinya Karhutla selain merugikan masyarakat dan mengakibatkan kerusakan lingkungan juga berpotensi menimbulkan masalah lain seperti penyakit sesak nafas akibat polusi udara.

Ia menambahkan, tujuan patroli hutan dilakukan untuk memudahkan anggota dalam proses evakuasi korban apabila terjadi Karhutla.

"Selain itu kita juga petakan jalur-jalur khusus, sumber air terdekat untuk pemadaman serta bahan lain diluar air yang tersedia di alam liar," katanya

Pihaknya menyatakan, masyarakat terutama para pendaki maupun pemilik lahan yang berada di wilayah Kabupaten Semarang untuk tidak sembarangan membuat api.

Dikatakannya, jika terpaksa membuat sumber api diharapkan mematikannya sebelum turun atau meninggalkan lokasi, baik dengan air atau menutup menggunakan tanah.

"Meskipun kadangkala masih turun hujan saya meminta warga atau siapapun ikut menjaga alam. Ikut mengantisipasi Karhutla, selain akan merusak ekosistem juga keasrian daerah," ujarnya

AKBP Gatot menjelaskan, dari patroli hutan yang dilakukan selanjutnya akan ditindaklanjuti bersama BPBD Kabupaten Semarang beserta unsur lainnya termasuk pelibatan polisi hutan Perhutani. (ris)

 
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved