Breaking News:

Polrestabes Semarang akan Terus Buru Pengoplos Elpiji

Polrestabes Semarang akan terus memburu pelaku pengoplos elpiji karena perbuatan mereka sangat merugikan masyarakat.

TRIBUN JATENG/RIFQI GOZALI
Saparin saat menunjukkan barang bukti berupa tabung elpiji dalam gelar perkara di Mapolrestabes Semarang, Kamis (13/8/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Polrestabes Semarang akan terus memburu pelaku pengoplos elpiji. Hal ini menyusul ditangkapnya pelaku yang mengisi tabung elpiji 12 kilo dari gas elpiji melon besubsidi.

"Kami akan pelaku-pelaku lainnya karena perbuatan mereka sangat merugikan masyarakat, khususnya masyarakat konsumen gas bersubsidi," ujar Kasatreskrim Polrestabes Semarang, AKBP Asep Mauludin, Kamis (13/8/2020).

Diketahui, baru-baru ini pihaknya mendapati informasi dari masyarakat akan adanya aksi pemindahan isi gas dari elpiji melon ke elpiji 12 kilogram oleh Saparin (54) warga Kelurahan Sambiroto, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Berbekal informasi tersebut, akhirnya pihaknya melalukan penyelidikan. Hingga akhirnya pihaknya menangkap Saparin pada Senin 10 Agustus 2020.

"Kini pelaku telah kami tetapkan sebagai tersangka," kata dia.

Dalam kasus tersebut, tim dari Tipidter Satreskrim Polrestabes mengamankan sejumlah barang bukti berupa puluhan tabung elpiji terdiri atas tabung 22 kilo dan tabung melon. Kemudian juga 20 pipa stainles yang digunakan pelaku sebagai sarana untuk memindahkan gas.

Saparin dalam melakukan aksi curangnya itu lantaran tahu setelah menyaksikan tayangan televisi dalam pengungkapan kasus serupa.

"(Untuk pelaku lain) sampai saat ini belum ada," tandasnya.

Sementara itu, Wakapolrestabes Semarang AKBP IGA Dwi Perbawa Nugraha mengatakan, pelaku dijerat Pasal 62 ayat (1) jo Pasal 8 Ayat (1) huruf a Undang-undang Nomorbi Tahun 199 tentang perlindungan konsumen dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 5 miliar. (*)
 

--

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved