Breaking News:

KKN Undip

Setara Youtuber, Guru SD Kini Jago Edit Video Berkat Mahasiswa KKN UNDIP

Mahasiswa KKN Tim 2 Universitas Diponegoro mengadakan Pelatihan Media Belajar Berbasis Audio Visual untuk para guru di SDN 1 Ciberung.

IST
Dimas Adriansyah, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro memberikan pelatihan media pada Guru SDN 1 Ciberung. 

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Mahasiswa KKN Tim 2 Universitas Diponegoro di Desa Ciberung, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, mengadakan Pelatihan Media Belajar Berbasis Audio Visual untuk para guru di SDN 1 Ciberung.

Pelatihan tersebut ditujukan bagi para guru yang mengalami kesulitas mengajar akibat dilarangnya bertemu secara langsung dengan para siswa dikarenakan pandemi Covid-19.

Selama pandemi, mereka mengaku kegiatan belajar mengajar sangat terganggu karena belum pernah ada persiapan untuk belajar secara online.

Alhasil kegiatan belajar mengajar hanya dilakukan dengan pemberian tugas dan pendampingan menggunakan grup whatsapp.

Seorang guru di SDN 1 Ciberung, Fahrizal berpendapat bahwa kegiatan belajar mengajar tanpa tatap muka merupakan sesuatu yang cukup baru untuk dunia pendidikan Indonesia, terutama untuk tingkatan SD.

Perlu adanya kesiapan dari guru maupun murid untuk dapat terbiasa belajar secara online seperti sekarang ini.

Namun guru memikul beban lebih berat untuk beradaptasi karena tetap harus bisa memberikan pengajaran yang menarik dan mudah dipahami untuk para siswanya meskipun tidak bertemu secara langsun.

Fitria (20), kakak dari seorang siswa SDN 1 Ciberung menyatakan kegiatan belajar online dengan pemberian tugas tanpa pendampingan langsung dirasa tidak efektif dan cukup membebani sang adik.

Karena materi yang harus dipelajari dan tugas yang tidak terselesaikan bisa saja membuat sang adik tertekan dan justru malas untuk belajar lagi.

Terlebih lagi aktivitas sehari-hari kini lebih sering memegang HP yang pastinya akan semakin susah dikontrol dan banyak godaan dalam belajar, mulai dari bermain game, social media, menonton youtube dll.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved