Breaking News:

Stikes Telogorejo Semarang

Takut Melahirkan? No Way! Relaksasi dengan Pelvic Rocking Yuk, Bun!

Pelvic Rocking ini, sebelumnya bunda siapkan gym ball yang bisa didapatkan di took olah raga atau membeli online dengan diameter gym ball yang sesuai.

Editor: abduh imanulhaq
freepik
Ilustrasi kehamilan 

Oleh: Fitriana Yuni Permana Sari, M.Keb

HALO para bunda yang sedang merasa cemas mendekati waktu melahirkan, terutama membayangkan nih“bagaimana ya nanti rasanya sakit saat melahirkan?”.Jangan khawatir Bun… coba Bunda lakukan tips ringan ini di rumah tanpa pengawasan yang ketat. Apa sih tipsnya? Nah, tipsnya adalah lakukan Pelvic Rocking. Gerakan ini merupakan bagian dari senam hamil dengan cara menggoyangkan panggul kesisi depan, belakang, kiri, kanan, dan memutar.

Pada prinsipnya goyangan ini dilakukan untuk menyehatkan, membugarkan, serta mengurangi keluhan selama kehamilan,sehingga bunda lebih siap secara fisik dan psikis saat melahirkan. Manfaat lain dari goyangan pelvic rocking ini diantaranya adalah meningkatkan aliran darah kerahim sampai dengan ke bayi; menyamankan lutut dan pergelangan kaki; mendorong turunnya kepala bayi; serta panggul menjadi lebih rileks. Lalu, kapankah gerakan ini dilakukan? Jadi Bun, gerakan ini dianjurkan saat umur kehamilan bunda ada di trimester ketiga (>34 minggu/ 8,5 bulan), lakukan goyangan setiap hari secara rutin, dan lanjutkan saat ada tanda – tanda ingin melahirkan. Bila perlu komunikasikan dengan tenaga kesehatan mengenai hal ini. 

Secara praktiknya untuk goyangan Pelvic Rocking ini, sebelumnya bunda siapkan gym ball yang bisa didapatkan di took olah raga atau membeli online dengan diameter gym ball sesuai kebutuhan bunda atau bisa juga tanpa menggunakan alat (gym ball).

Kemudian, letakkan gym ball dengan menempel di dinding, ibu duduk diatas gym ball, dan mulai gerakkan kekiri dan kanan, kedepan dan belakang, serta berputar searah dan berlawananan dengan arah jarum jam. Berikut referensi gambar untuk memudahkan bunda mempraktikkannya dengan benar:

Pelvic Rocking dengan Gym Ball
Pelvic Rocking tanpa Gym Ball (slide share.net)
Pelvic Rocking dengan Gym Ball
Pelvic Rocking dengan Gym Ball (research.unissula.ac.id)

Menurut beberapa penelitian mengenai latihan Pelvic Rocking yang dilakukan secara rutin dengan rata-rata waktu selama 2 jam, akan memudahkan dan mempercepat Bunda melahirkan terutama pada masa pembukaan yaitu kurang dari 6 jam.

Nah, cukup mudah kan Bunda? Demi buah hati dan kenyamanan Bunda sendiri, tentunya Bunda tertarik untuk mencobanya bukan?! .Selamat mencoba tips ini ya Bun, semoga Bunda dan bayi sehat selalu serta dilancarkan masa kelahirannya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved