Breaking News:

Ngopi Pagi

FOKUS : Dobel Hati-hati Berkendara

NENEK saya dulu berpesan agar dobel hati-hati dalam berkendara karena hati-hati saja tidak cukup untuk terhindar dari mala petaka

tribunjateng/bram
CATUR WISANGGENI wartawan tribunjateng.com 

Oleh Catur Waskito Edy
Wartawan Tribun Jateng

"NENEK saya dulu berpesan agar dobel hati-hati dalam berkendara karena hati-hati saja tidak cukup untuk terhindar dari mala petaka," kata Mbah Man di warung saat menonton berita kecelakaan mobil travel di Tol Cipali kemarin.

Seperti diberitakan media, kecelakaan lalu lintas yang melibatkan mobil travel Isuzu Elf dengan Toyota Rush di Kilometer 184 ruas Tol Cipali, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (10/8) sekitar pukul 03.30 WIB mengakibatkan 8 orang tewas dan 14 penumpang luka-luka.

"Apa maksudnya, dobel hati-hati Mbah?" tanya Fulan bingung menerjemahkan kata-kata Mbah Man di atas. Dengan tersenyum, pria paruh baya ini mengatakan kalau kita saja yang hati-hati tapi bila orang lain tidak hati-hati kita juga pasti kena celaka.

"Makanya kita supaya hati-hati dalam berkendara, tapi juga ditambah hati-hati terhadap pengendara lain yang tidak hati-hati, jadi dobel hati-hatinya," ujar Mbah Man.

Meski sedikit bingung menerjemahkan kata-kata tersebut, Fulan tahu makna yang tersirat dalam perkataan tersebut. Yang pasti segala peristiwa itu bisa diambil hikmahnya.

Dalam kasus tersebut Direktur Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas Mabes Polri Brigjen Kushariyanto mengatakan dugaan sementara kecelakaan itu terjadi akibat sopir Elf tersebut mengantuk.

Sopir diduga tidak dapat mengendalikan kendaraan hingga membanting setir dan mobil menyeberang ke jalur berlawanan.

Kushariyanto menambahkan sepanjang Januari hingga Agustus 2020, terdapat 11 kali kecelakaan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) itu memiliki model yang sama, yaitu kendaraan berpindah jalur ke arah yang berlawanan.

Kita tahu sepanjang jalur Cipali ini, pemisah antara jalur A dan B ini hanya sebatas cekungan saja. Akibatnya, kecelakaan dengan model berpindah jalur bisa dimungkinkan terjadi dan bisa menimbulkan korban yang jumlahnya tidak sedikit.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved