Breaking News:

Ponpes Askhabul Kahfi Semarang

Sejarah Indonesia Sebelum dan Menjelang Kemerdekaan

Pengasuh Pondok Pesantren Askhabul Kahfi KH. Masruchan Bisri memaparkan sebuah judul “Sejarah Indonesia Sebelum dan Menjelang Kemerdekaan“.

IST
KH. Masruchan Bisri Pengasuh Ponpes Askhabul Kahfi Mijen Kota Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke 75, serta untuk menanamkan jiwa nasionalis dan patriotik, pengasuh Pondok Pesantren Askhabul Kahfi KH. Masruchan Bisri memaparkan sebuah judul “ Sejarah Indonesia Sebelum dan Menjelang Kemerdekaan “.

Indonesia di Masa Kerajaan
Kerajaan Kutai ( Kutai Martadipura )
Kerajaan ini merupakan kerajaan Hindu tertua yang berdiri sekitar abad ke 4 M, di Muara Kaman, Kalimantan Timur. Kerajaan ini di bangun oleh Kudungga.

Kerajaan Tarumanegara
Kerajaan ini berdiri pada tahun 358 M, di dirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman di Jawa Barat dan pusat kerajaannya di Bekasi.

Kerajaan Sriwijaya
Kerajaan yang menganut agama Budha ini berdiri pada abad ke 7 di Sumatra dan pusat kerajaannya di Palembang. Pada puncak kejayaannya, Sriwijaya menguasai daerah sejauh Jawa Barat dan Semenanjung Melayu.

Kerajaan Mataram Kuno
Kerajaan ini menurut Prasasti Canggal berdiri pada tahun 732 M. Terletak di desa Canggal ( sebelah barat Magelang ) Jawa Tengah. Raja pertama adalah Sanjaya yang juga merupakan pendiri wangsa (dinasti) Sanjaya, Kerajaan Mataram Kuno ini juga sering di sebut Kerajaan Medang. Tercatat terdapat 3 wangsa yang pernah menguasai Kerajaan Mataram Kuno, yaitu Wangsa Sanjaya ( Hindu ), Wangsa Syailendra (pengikut agama Budha). Di masa ini agama Hindu dan Budha berkembang bersama di Kerajaan Mataram Kuno, yang beragama Hindu tinggal di Jawa Tengah bagian Utara dan yang Budha tinggal di Jawa Tengah bagian Selatan. Dan Wangsa yang ketiga yaitu wangsa baru yang didirikan oleh Mpu Sindok.

Banyak peninggalan Kerajaan Mataram Kuno, salah satunya adalah Candi Borobudur. Menurut sejarawan J.G. de Casparis, ia menemukan bukti dari sebuah Prasasti Karang Tengah dan Kahuluan, bahwa Candi Borobudur ini di dirikan oleh Raja Samaratungga sekitar tahun 824 M. Dia adalah Raja Mataram Kuno dari Wangsa Syailendra ( Pengikut Budha ).

Kerajaan Singosari
Kerajaan Singosari berada di Jawa Timur, didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222 M. Pusat kerajaan berada di daerah Singosari, Malang, Jawa Timur. Pada tahun 1268, Kertanegara naik tahta menjadi Raja Singosari menggantikan Ranggawuni, ia menjadi raja terakhir dan yang membuat Singosari berjaya. Ia memiliki cita-cita ingin menyatukan Nusantara. Namun pada tahun 1292 ia di bunuh oleh Jayakatwang, dan berakhirlah Kerajaan Singosari.

Kerajaan Majapahit
Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu yang didirikan oleh Raden Wijaya pada tanggal 15 bulan Kartika 1215 atau 10 November 1293 M, berada di Jawa Timur dan Ibu Kotanya di desa Trowulan, Mojokerto.

Raden Wijaya adalah pendiri sekaligus raja pertama Majapahit yang di beri gelar Kertarajasa Jayawardhana. Ia melakukan konsolidasi dan memperkuat pemerintahan karena kerajaan ini merupakan transisi kerajaan sebelumnya yaitu Singosari.

Majapahit mencapai puncak kejayaannya pada masa Raja Hayam Wuruk yang bergelar Rajasa Negara yang dibantu oleh patihnya yaitu Gajah Mada yang terkenal dengan Sumpah Palapa-nya. Majapahit menjadi lebih besar dan terkenal di Nusantara serta menguasai lebih banyak wilayah di antaranya : Surabaya, Maluku, Papua, Kalimantan, Semenanjung Malaya, Tonase ( Singapura ), sebagian Kepulauan Philipina dan berhasil menaklukan Kerajaan Sriwijaya Palembang.

Halaman
1234
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved