Breaking News:

Ini Dia Sosok Kyai Singkil yang Makamnya di Depan Kantor Bupati Demak

Di depan Kantor Bupati Demak terdapat sebuah makam berkeramik biru, berada persis di pinggir jalan.

TRIBUNJATENG/YUNANSETIAWAN
Makam Kyai Singkil yang berada persis di pinggir Jalan Kyai Singkil atau di seberang Kantor Bupati Demak. 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Di depan Kantor Bupati Demak terdapat sebuah makam berkeramik biru. Makam itu berada persis di pinggir jalan. Bahkan, di sepanjang Jalan Kyai Singkil itu makam satu-satunya di jalan tersebut.

Masyarakat Demak acap menyebutnya Makam Kyai Singkil? Pegiat Simpul Maiyah Kalijagan, Khoirul Anwar mengatakan, sangat sedikit sumber yang membahas Kyai Singkil.

Namun, kata dia, berdasarkan sumber ada, sosok yang dikebumikan di makam tersebut bukan manusia, melainkan sebilah pusakan salah seorang punggawa kesultanan.

"Masih simpang siur antara keris atau tombak. Tapi yang pasti itu adalah monumen, pertanda beliau pernah menetap di Demak," katanya kepada Tribunjateng.com, Sabtu, (16/8/2020).

Pria yang akrab disapa Kang War itu menambahkan, ada versi lain lagi. Pusaka tersebut ditanam untuk "menghalau" air dari Sungai Tutang agar tidak menerobos "objek vital" kesultanan.

Kendati demikian, beberapa sumber yang ada tentang Kyai Singkil, ujar Kang War, masih belum bisa dianggap final kebenarannya.

"Belum bisa jadi historiogafi final, sebab masih perlu banyak proses kritik sumber untuk bisa diinterpretasikan," tutupnya. (*)

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved