Breaking News:

KKN Unnes

Mahasiswa KKN Unnes Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Slerok Tegal

Sejumlah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Bersama Melawan Covid-19 (KKN BMC-19) Unnes melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan, Minggu (9/8/2020).

IST
Mahasiswa KKN Unnes berpose sebelum penyemprotan di lingkungan RW 02, Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. 

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Sejumlah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Bersama Melawan Covid-19 (KKN BMC-19) Universitas Negeri Semarang (Unnes) melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan, Minggu (9/8/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di lingkungan RW 02, Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona ini menggunakan cairan pembersih yang terbuat dari hidrogen peroksida, kreosot atau alcohol.

Tempat yang menjadi sasaran penyemprotan antara lain jalan, gang, pemukiman warga, dan (masjid) di lingkungan RW 02 Kelurahan Slerok.

"Tujuan kegiatanini sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Berguna membersihkan permukaan benda yang sering disentuh banyak orang seperti gagang pintu, perabot rumah tangga, pagar, dan lain-lain sehingga dapat dikatakan efektif untuk membunuh bakteri/virus di masa pandemi ini," kata M Burhan R Wijaya, dosen pembimbing lapangan (DPL).

Dia menyebut beberapa hambatan saat penyemprotan berlangsung seperti kurangnya alat penyemprot.

Akibatnya, kegiatan ini menghabiskan waktu yang cukup lama.

Keterbatasan waktu juga berakibat area yang disterilisasi menjadi kurang merata di setiap RT.

Alat dan bahan yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu cairan yang mengandung karbol, air bersih, alat penyemprot, galon, gunting, sarung tangan plastik, dan masker.

"Dengan adanya penyemprotan disinfektan ini, diharapkan lingkungan RW 02 Kelurahan Slerok menjadi lebih bersih dan terbebas dari virus corona. Terutama pada benda yang menjadi sumber utama penyebaran," imbuhnya. 

Penyemprotan disinfektan diikuti 39 mahasiswa sebagai salah satu program kerjakelompok yang harus direalisasikan.

Kegiatannya dibagi menjadi dua sesi, pertama pukul 09.30-12.00 dan kedua pukul 13.00-15.00 WIB. 

Respon masyarakat dengan adanya penyemprotan disinfektan ini antusias.

Seluruh warga dengan senang hati mempersilahkan para mahasiswa melakukan kegiatan ini.

Mereka juga merasa aman dan nyaman setelah lingkungannya disterilisasi dengan cara dilakukan penyemprotan disinfektan. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved