Breaking News:

Gubernur Bank Indonesia: Masyarakat Bisa Tukar Uang Baru Rp 75 Ribu di BI Terdekat

Uang kertas pecahan Rp 75 ribu resmi diperkenalkan kepada publik, bertepatan dengan peringatan Ulang Tahun Ke-75 RI

Istimewa
Contoh uang pecahan baru Rp 75 ribu edisi Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. 

TRIBUNJATENG.COM,  JAKARTA -Uang kertas pecahan Rp 75 ribu resmi diperkenalkan kepada publik, bertepatan dengan peringatan Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia, Senin (17/8). Gubernur BI Perry Warjiyomenyatakan, filosofi desain uang baru peringatan hari kemerdekaan meliputi pendiri negara Soekarno dan Mohammad Hatta hingga satelit merah putih.

Perencanaannya, telah dimulai sejak tahun 2018 dan pencetakan uang peringatan kemerdekaan ini merupakan kali keempat setelah hari ulang tahun kemerdekaan ke-25 tahun 1970, ke-45 tahun 1990, dan ke-50 tahun 1995.

"Mensyukuri dengan peristiwa proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 oleh proklamator Insinyur Soekarno dan Doktorandus Mohammad Hatta," ujarnya saat konferensi pers virtual kemarin.

Selain itu, kata Perry, juga ada berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia yang digambarkan melalui jembatan Youtefa, MRT, dan tol Trans Jawa.

Sementara, halaman belakang bermakna memperteguh kebhinekaan dengan anak-anak berpakaian adat yang mewakili wilayah barat, tengah, dan timur Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).Selain itu, motif tenun nusantara diwakili grinting Bali, batik kawung Jawa, dan songket Sumatera Selatan yang menggambarkan kebaikan keanggunan dan kesucian.

Halaman belakang juga bermakna menyongsong masa depan gemilang pada era digital digambarkan dengan satelit merah putih sebagai jembatan komunikasi NKRI."Era global dengan peta Indonesia emas pada bola dunia yang melambangkan peran strategis Indonesia dalam kancah global," kata dia.

Ia memastikan,  unsur pengamanan uang baru ini memakai teknologi terbaru, sehingga lebih tahan lama. Dengan tekhnologi  terbaru, maka uang pecahan baru edisi hari kemerdekaan tersebut lebih sulit dipalsukan.

"Inovasi ini ditujukan agar uang rupiah semakin mudah dikenali keasliannya, nyaman, dan aman digunakan. Inovasi uang rupiah terus dilakukan secara terencana untuk memastikan rupiah tetap menjadi kebanggaan kita bersama sebagai simbol kedaulatan NKRI," kata Perry.

"Kedepan insha Allah, pengeluaran uang peringatan kemerdekaan akan dilakukan setiap 25 tahun sekali sesuai dengan usia kemerdekaan Republik Indonesia," pungkas Perry.

Masyarakat dapat memperoleh uang peringatan hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia melalui mekanisme penukaran. Cukup membawa uang pecahan sama dengan nilai nominal uang peringatan hari kemerdekaan senilai Rp 75 ribu.

Halaman
12
Editor: rustam aji
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved