Breaking News:

Pertumbuhan Ekonomi Jateng Minus 5,94 Persen, Ini Strategi Ganjar

Berdasarkan data di BPS Jateng, pertumbuhan ekonomi Jateng pada kuartal II/2020 atau April-Juni minus 5,94 persen. lebih

Tribun Jateng/Mamduh Adi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Berdasarkan data di Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, pertumbuhan ekonomi Jateng pada kuartal II/2020 atau April-Juni minus 5,94 persen, lebih buruk dibandingkan nasional yang tercatat 5,32 persen.

Pertumbuhan ekonomi minus ini merupakan dampak pandemi Covid-19. Level tersebut dinilai jauh lebih buruk dibandingkan kuartal II/2019. Pada periode tersebut, pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,52 persen.

Sedangkan pada kuartal I/2020 pertumbuhan ekonomi tercatat masih positif meski hanya 2,5 persen.

Pertumbuhan ekonomi minus ini tidak hanya dialami Jateng. Hampir seluruh daerah di Pulau Jawa pertumbuhan ekonominya mengalami minus.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menuturkan banyak strategi dan langkah yang disiapka pihaknya. Tentu tidak hanya dari pemerintah provinsi, namun secara komprehensif di semua lini.

"Ada banyak (strategi). Insentif ekonomi di pemerintah pusat ada pajak, ada restrukturisasi utang. Lalu, kemudahan- kemudahan untuk badan usaha yang diberikan," jelasnya, Senin (17/8/2020).

Perusahaan- perusahaan level menengah hingga besar yang akan memulai usaha, kata dia, tentunya akan mendapatkan insentif tersebut.

Begitu juga perusahaan- perusahaan yang sudah eksis atau berjalan ada kemudahan yang diberikan pemerintah melalui perbankan.

Sementara, untuk pelaku usaha mikro kecil menengah atau UMKM, ada akses modal yang diberikan dari perbankan.

"Pemerintah pusat memberikan subsidi bunga hingga puluhan triliun. Jika bisa mengakses melalui KUR, maka KUR ini akan menjadi bridging akses permodalan untuk UMKM," katanya.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved