Breaking News:

Bawaslu Demak Temukan 4.142 Orang Belum Masuk Daftar Pemilih

Ketua Bawaslu Demak Khoirul Saleh mengatakan, pihaknya telah mengirim surat berisi saran perbaikan kepada KPU Demak.

TRIBUNJATENG/YUNANSETIAWAN
Ketua Bawaslu Demak Khoirul Saleh saat ditemui Tribunjateng.com di Kantor Bawaslu Demak, Selasa, (18/8/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Ketua Bawaslu Demak Khoirul Saleh mengatakan, pihaknya telah mengirim surat berisi saran perbaikan kepada KPU Demak.

Surat itu, kata dia, bertolak dari temuan Panwascam dan PPDK yang melakukan pengawasan proses coklit.

Khoirul menyebut, Panwascam telah menemukan pelaksanaan coklit tidak dilaksanakan secara prosedur.

"Di Desa Trengguli, Kecamatan Wonosalam, ada rumah yang belum dicoklit secara prosedural. Artinya PPDP datang ke sana hanya menempel stiker tanpa melakukan proses coklit sebagaimana mestinya," kata Khoirul saat ditemui Tribunjateng.com di kantor Bawaslu Demak, Selasa, (18/8/2020) siang.

Menurutnya, temuan itu menunjukkan PPDP hanya datang menempel stiker saja. PPDP datang idak mengenalkan diri kepada pemilik rumah, serta tidak melakukan pencocokan data yang dimiliki orang yang akan dicoklit dengan data pemilih yang dimiliki PPDP.

"PPDP harus memastikan ada berapa di KK yang memiliki hak pilih. Ada tidak yang terdaftar di KK sudah memenuhi syarat sebagai pemilih tapi tidak memiliki hak pilih," imbuhnya.

Khoirul juga menyampaikan, Panwascam sudah menyampaikan temuan tersebut ke PPK, tapi saat dilalukan uji petik masih belum ada perbaikan.

Selain itu, Khoirul juga mengatakan, pihaknya juga menemukan 4.142 pemilih yang belum masuk daftar pemilih. Kebanyakan yang belum masuk daftar pemilih, tutur dia, pemilih baru.

Dia berharap sebelum menjadi daftar pemilih sementara, data daftar pemilih harus benar-brnar akurat.

Khoirul juga meminta masyarakat proaktif memastikan dirinya yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum. (*)

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved