Breaking News:

Berita Banyumas

Laboratorium PCR Unsoed Purwokerto Siap Periksa hingga 95 Sampel Covid-19 Per Hari

Laboratorium Riset Terpadu, Kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto siap membantu Pemerintah Kabupaten Banyumas dalam pemeriksaan sa

TRIBUN BANYUMAS/PERMATA PUTRA SEJATI
Bupati Banyumas, Achmad Husein saat memeriksa laboratorium terpadu covid-19 milik Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, pada Selasa (18/8/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Laboratorium Riset Terpadu, Kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto siap membantu Pemerintah Kabupaten Banyumas dalam pemeriksaan sampel covid-19.

Laboratorium yang berada di kampus Fakultas Biologi, Unsoed tersebut sudah memiliki alat-alat pemeriksaan sampel covid-19.

Laboratorium terpadu tersebut sebenarnya sudah lama memiliki alat-alat dalam pemeriksaan covid-19, namun belum memenuhi standar bio safety laboratory level 2.

Saat ini laboratorium tersebut sudah memenuhi standar bio safety laboratory level 2 setelah melakukan serangkaian perbaikan terutama untuk pemeriksaan covid-19.

"Diperkirakan bisa memenuhi tes PCR per hari 90-95 sampel per hari.

Sementara tenaga yang terlatih dan sudah ujian untuk membantu ada 18 orang," ujar Kepala Laboratorium terpadu Covid-19, Unsoed, Prof Endang Sri Murni kepada Tribunbanyumas.com, Selasa (18/8/2020).

Sebuah laboratorium bisa mendapatkan
standar bio safety laboratory level 2 dengan berbagai persyaratan.

Prof Endang menjelaskan jika yang pertama adalah harus mendapatkan ijin kode sampel terlebih dahulu dari nasional.

Kemudian yang mencirikan antara level 2 dan level 1 adalah pada alat-alatnya ataupun fungsinya.

Khusus yang menghandle patogen-patogen itu dengan Bio Safety Level (BSL) level 2 dimana harus ada ruangan yang negatif, kemudian ada Bio Safety Cabinet (BSC) dan juga alat pemeriksaan yang juga banyak.

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved