Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Sulap Kunyit dan Jahe Jadi Teh Celup

Minuman herbal memiliki sejuta manfaat bagi tubuh karena dibuat dari bahan yang memang sudah terbukti secara ilmiah khasiatnya.

IST
Peserta KKN reguler tim II periode 2020 Universitas Diponegoro, Nina Chandraningrum melakukan sosialisasi pemanfaatan herbal pada warga di Kecamatan Cilegon, Banten. 

TRIBUNJATENG.COM, CILEGON – Di balik keidentikan rasanya yang kurang menyenangkann, minuman herbal memiliki sejuta manfaat bagi tubuh karena dibuat dari bahan yang memang sudah terbukti secara ilmiah khasiatnya.

Baru-baru ini, minuman herbal mengalami kenaikan pamor semenjak adanya pandemi Covid-19 dan adanya artikel yang membahas bahwa bahan minuman herbal seperti keluarga rimpang mengandung senyawa yang dapat menangkal virus Corona.

Tak pelak pamor bahan herbal seperti kunyit, temulawak dan jahe melonjak naik di pasaran dan membuat harga bahan - bahan tersebut menjadi naik.

Tapi apakah pernah terpikir oleh Anda minuman herbal dapat dibuat dalam kemasan teh celup yang praktis serta memiliki rasa yang enak?

Bahkan cara pembuatannya sangat mudah tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga atau merogoh kantong yang dalam.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan minuman herbal ini hanya terdiri dari 4 bahan yang sangat mudah ditemui di pasaran.

Inovasi yang dikemukakan oleh salah satu peserta KKN reguler tim II periode 2020 Universitas Diponegoro, Nina Chandraningrum ini, bertujuan agar masyarakat dapat memanfaatkan bumbu dapur sebagai minuman herbal yang berkhasiat bagi tubuh serta praktis dalam penyeduhannya.

Selain itu, dapat pula meningkatkan perekonomian masyarakat dengan cara menjual produk tersebut.

Inovasi ini juga telah disosialisasikan kepada ibu - ibu rumah tangga serta secara daring melalui media sosial.

Bahan untuk membuat minuman herbal ini, hanya digunakan jahe, kunyit, kayu manis dan serai dengan perbandingan berat sama atau dapat disesuaikan sesuai selera.

Cara pembuatannya cukup dengan mencuci bersih semua bahan, iris tipis jahe, kunyit dan serai, untuk kayu manis hanya perlu ditumbuk kasar dan tempatkan dalam wadah, lalu jemur hingga kering (biasanya memakan waktu 3-5 hari).

Bahan yang sudah dikeringkan disangrai terlebih dahulu agar aroma keluar, terakhir hancurkan semua bahan, campur dan tempatkan kedalam kantong teh celup.

Penyeduhan Teh hanya memerlukan air panas sebanyak satu cangkir (175 mL), dan dapat ditambahkan madu atau gula sesuai selera.

Teh ini dapat diseduh sebanyak 2 kali, dengan penyeduhan kedua direbus dalam 200 mL air.(*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved