Breaking News:

UNS Surakarta

Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono Mengajar di UNS Solo

Merupakan kebanggaan bagi UNS karena salah satu alumni terbaik, untuk pertama kalinya berhasil menduduki jabatan prestisius sebagai Deputi Gubernur BI

IST
Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Dalam rangka program Bank Indonesia (BI) Mengajar 2020, diadakan kuliah umum BI Mengajar di Universitas Sebelas Maret (UNS) secara daring dengan Zoom Cloud Meeting, Jumat (15/8/2020).

Pengajarnya merupakan sosok yang spesial yaitu Doni Primanto Joewono yang baru saja dilantik sebagai Deputi Gubernur BI.

Doni merupakan alumni dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS.

Tema dari BI Mengajar kali ini adalah “Peran Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dalam Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan untuk Indonesia Maju”.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Bank Indonesia dengan Program Studi (Prodi) S1 Ekonomi Pembangunan FEB UNS serta Center for Fintech and Bank UNS (UNS Fintech Center).

Kuliah umum yang dipandu oleh Dr. Intan Novela QA ini diikuti oleh mahasiswa dan dosen UNS serta mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia (GenBI) wilayah Solo.

Di awal sambutannya, Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho mewakili keluarga besar UNS mengucapkan selamat kepada Doni Primanto Joewono atas amanah baru sebagai Deputi Gubernur BI.

Merupakan kebanggaan bagi UNS karena salah satu alumni terbaik, untuk pertama kalinya berhasil menduduki jabatan prestisius sebagai Deputi Gubernur BI.

“UNS saat ini telah memiliki Pusat Unggulan Iptek (PUI) Center for Fintech and Banking yang diharapkan dapat bersinergi dengan industri dan regulator, termasuk BI utamanya dalam riset, inovasi dan edukasi dalam bidang ekonomi digital,” terang Prof. Jamal.

Mengawali kuliah umumnya, Doni menyampaikan mengenai tujuan, tugas dan peran BI sebagai bank sentral.

“Tujuan BI, sesuai dengan undang-undang adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai Rupiah. Adapun tugas dan peran BI terdiri dari kebijakan moneter, kebijakan makroprudensial dan kebijakan sistem pembayaran,” kata Doni.

Selanjutnya dia  menyampaikan perkembangan ekonomi dan keuangan digital.

Termasuk di dalamnya adalah dampak pandemi Covid-19 dalam akselerasi digital serta peran dan respon kebijakan BI di era digital.

Di akhir paparan, Doni menyampaikan mengenai peluang berkarir di BI. Beliau menyampaikan bahwa saat ini dari keseluruhan pegawai BI, baru 1% yang berasal dari UNS.

Saya berpesan supaya mahasiswa mempelajari dan memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai ekonomi digital,” ujar Doni. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved