Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa Undip Bikin Inovasi Sistem Informasi Geografis dan Pendataan Warga Berbasis Digital

Mahasiswa jurusan Teknik Komputer ini membuatkan aplikasi system informasi Geografis kependudukan yang disebut program Pendataan Warga.

IST
Tampilan Awal dari Web GIS yang dibuat mahasiswa Undip Ara Fasaka Ardanta 

TRIBUNJATENG.COM, BOGOR – Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2020, Ara Fasaka Ardanta melakukan pendampingan masyarakat Kelurahan Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Mahasiswa jurusan Teknik Komputer ini membuatkan aplikasi sistem informasi geografis kependudukan yang disebut program Pendataan Warga.

Program dengan nama Pendataan Warga untuk mendukung SDGs berbasis Web Geographic Information System ini bertujuan agar dalam satu komplek wilayah RT dapat melakukan pemetaan data yang mudah dari berbagai sektor seperti data rumah, pekerjaan, keluarga dan lain yang menyangkut data kependudukan.

Implementasi web nantinya akan dijalankan untuk daerah RT 05 RW 33 untuk data kependudukan terkait letak rumah geografis, data diri penduduk, status, dan pekerjaan.

Web ini dapat dijalankan oleh dua hak akses yakni perangkat daerah dan warga.

Pihak perangkat bisa memantau letak geografis bangunan dan wilayah sekitarnya.

Pihak perangkat daerah juga dapat memanfaatkan data-data yang tersedia untuk integrasi data agar dapat lebih efektif dan efisien.

Sebagai conoh data mengenai pekerjaan warga bisa dimanfaatkan untuk salah satu informasi melakukan kerjasama mitra.

Dari sisi hak akses warga, warga dapat melihat data – data umum terkait perumahan yang sedang ditinggali dan beberapa informasi terkait.

"Ini Program bagus, nanti semua data bisa terorganisir lebih baik dan moder. Program ini juga dapat diekspansi ke ranah lebih tinggi seperti tingkat keluarahan, bahan hingga kecamatan" ujar Kepala RT 05/33 Perumahan Bumi Mutiara, Edi.(*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved