Breaking News:

Berita Batang

Pemkab Batang Genjot Pengembangan Tanaman Bawang Putih

Kecamatan Bawang merupakan satu di antara wilayah di Kabupaten Batang yang sukses bercocok tanam bawang.

Penulis: dina indriani | Editor: Daniel Ari Purnomo
Istimewa
Wakil Bupati Batang, Suyono bersama Direktur Perbenihan Holtikultura, Kementan, Sukarman, saat panen bawang putih, di Dukuh Sigemplong, Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Sabtu (22/8/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Sebagian besar wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah merupakan perbukitan dan pegunungan yang memiliki dataran tinggi sehingga cocok ditanami berbagai macam buah, sayur dan tanaman bumbu dapur seperti halnya bawang merah dan putih.

Berada di ketinggian 800 mdpl Kecamatan Bawang merupakan satu di antara wilayah di Kabupaten Batang yang sukses bercocok tanam bawang.

Sehingga Pemerintah Kabupaten Batang melakui Dinas Pangan dan Pertanian terus mengembangkan tanaman bawang putih hal itu juga untuk mendukung program Kementan dalam swasembada bawang.

Wakil Bupati Batang, Suyono, mengatakan lahan di Batang sangat cocok untuk pengembangan tanaman bawang putih.

Program Pemkab Batang dalam pengembangan bawang berada di beberapa kecamatan diantaranya Bawang, Blado, Reban dan Wonotunggal.

Peran pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian juga menjadi kunci sukses pengembagan bawang putih di Batang.

"Alhamdulillah untuk target awal satu hektar lahan 7 Ton, tapi ini bisa menghasilkan 17 Ton bawang putih, tentu menjadi capaian yang luar biasa," tutur Wabup Suyono, Sabtu (22/8/2020).

Suyono mengatakan keberhasilan itu juga atas semangat para petani yang mau bersama mengembangkan tanaman bawang.

"Semangat para petani yang mau mengikuti pendampingan dari penyuluh pertanian dengan baik, termasuk dari petaninya sendiri serius untuk merubah sistem pola tanam yang lama dengan beralih ke sistem pertanian yang lebih maju dan modern," ujarnya.

Sementara Direktur Perbenihan Holtikultura, Kementan, Sukarman mengatakan di 2019, luasan lahan tanam bawang putih nasional masih 12 Ribu hektar dan ditargetkan 2020 hasil produksinya bisa digenjot sebanyak 102 Ribu Ton.

"Untuk memenuhi kebutuhan bawang putih dalam negeri atau swasembada, Indonesia masih harus membutuhkan areal tanam seluas 70 ribu hektar, jadi kekuranganya akan terus dikejar hingga lima kali lipat dari yang sekarang," jelasnya.

Dikatakannya secara bertahap perluasan lahan yang dibutuhkan akan ditambah, terbaru tidak hanya memaksimalkan sentra bawang putih di Jawa Tengah, seperti, Brebes, Temanggung, Magelang, Batang, Karanganyar, Tegal, Wonosobo dan Semarang, namun juga di Sumatera akan dikembangkan penanaman bawang putih.(din)

 
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved