Breaking News:

Shela Harap Cemas, Tunggu Seleksi KIP Kuliah

Kemendikbud mengalokasikan Rp 4 triliun lebih untuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

IST
Pendaftaran seleksi Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) bagi peserta didik yang ingin kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) telah dibuka 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kemendikbud mengalokasikan Rp 4 triliun lebih untuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

Dana dari APBN untuk KIP Kuliah itu akan disalurkan melalui tiga skema di tahun 2020.

Tak hanya menyasar untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN), mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga bisa mendaftarkan diri.

Dalam skema pertama, Rp 1 triliun akan dialokasikan untuk bantuan uang kuliah tunggal (UKT) ke 419 ribu mahasiswa.

Sementara skema kedua, Rp 1,3 triliun akan disalurkan untuk beasiswa KIP Kuliah ke 200 ribu mahasiswa baru semester 1 tahun 2020.

Sedangkan skema ketiga, Rp 1,8 triliun dialokasikan untuk beasiswa bidik misi on going dan afirmasi perguruan tinggi ke 267 ribu orang.

Dalam situs KIP Kuliah Kemendikbud, pendaftaran KIP Kuliah dibuka Februari lalu, dan akan ditutup 31 Oktober mendatang.

Adanya KIP Kuliah juga tertuang dalam Surat Keputusan bernomor 17825/UN4.1.3/KM.01.00/2020 tentang bantuan UKT/SPP mahasiswa melalui program KIP-Kuliah 2020.

Adanya program KIP Kuliah membuat mahasiswa berlomba-lomba mendaftarakan diri di tengah dampak perekonomian karena pandemi Covid-19.

Tak terkecuali Shela Eiga satu di antara mahasiswi PTN yang ada di Kota Semarang. Ia sangat berharap bisa lolos dalam seleksi pendaftaran program KIP Kuliah.

Halaman
12
Penulis: budi susanto
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved