Breaking News:

Pendidikan

5.143 Peserta KKN Unnes Menyebar di 31 Provinsi

LPPM Unnes-Tribun Jateng menandatangani kerjasama publikasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa yang tahun ini digelar di domisili masing-masing.

TRIBUN JATENG
Penandatanganan MoU publikasi KKN antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unnes dengan Tribun Jateng bertempat di Gedung LPPM Kampus Unnes Sekaran, Senin (24/8). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Unnes menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) mengenai publikasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan Tribun Jateng di Gedung LPPM Kampus Unnes Sekaran, Senin (24/8).

Hadir dalam penandatanganan tersebut Ketua LPPM Unnes, Dr Suwito Eko Pramono; Kepala Pusat Pengembangan (Pusbang) KKN Unnes Dr Burhan R Wijaya; Sekretaris LP2M Unnes; dan beberapa staf akademik Pusbang KKN Unnes.

Sementara, Tribun Jateng hadir dalam acara tersebut General Manager (GM) Tribun Jateng Heru Budi Kuncara, Pemimpin Redaksi (Pemred) Erwin Ardian, Wakil GM Daud Sutikno, Human Resource and General Affair (HRGA) Gatot Prastowo, dan Manager Advertising Cicilia.

Kepala Pusbang KKN LPPM Unnes, Dr Burhan menyampaikan, pelaksanaan KKN yang diselenggarakan merupakan program pengabdian yang diselenggarakan di domisili masing-masing mahasiswa.
"Sistem KKN yang dilaksanakan merupakan daring. Sehingga hasilnya bisa berupa poster maupun video yang bisa dipublikasikan melalui Youtube maupun media massa," ungkapnya kepada tribunjateng.com.

BEM KM Unnes Kirim Sukarelawan Pendidikan

Mahasiswa KKN Unnes Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Slerok Tegal

Dia menuturkan, jumlah mahasiswa yang melaksanakan KKN di masa pandemi covid-19 sebanyak 5.143 yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Yakni tersebar di 419 kecamatan dan 31 provinsi di Indonesia. Hal itu karena mahasiswa Unnes tersebar hampir di seluruh Nusantara," tuturnya.

Dr Burhan mengungkapkan, karena KKN yang dilaksanakan di domisili masing-masing mahasiswa, maka yang KKN bisa mengabdikan dirinya ke kampung halaman masing-masing..

"Ada yang di Papua, Sumatera, bahkan ada yang di perbatasan negara," ungkapnya.

Kampus Unnes yang berada di Sekaran, Gunungpati, Semarang.
Kampus Unnes yang berada di Sekaran, Gunungpati, Semarang. (TRIBUN JATENG/MUHAMMAD SHOLEKAN)

Diseminasi
Ketua LPPM Unnes, Dr Suwito menyampaikan, selain melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dalam KKN diperlukan adanya diseminasi hasil KKN.

"Salah satu syarat yang harus dilakukan oleh pengabdi, yaitu melakukan publikasi pengabdiannya di media massa. Dan ini merupakan bukti yang pengabdiannya itu didanai dari Jakarta," ungkapnya.

3.654 Calon Mahasiswa Unnes Dinyatakan Lulus Melalui Jalur SBMPTN

Unnes Angkat Pemberdayaan Pedesaan Lewat Ajang ICORSIA

Dia menyampaikan, seperti pengabdian yang dilakukan di Getasan, Salatiga. Di sana, warga minta untuk dibuatkan Tugu Waluh.

"Tapi warga menyampaikan, kalau di sini juga sebagai ikon tari-tarian maka dibuatkan tugu penari yang sedang menggendong waluh," tuturnya.

Sementara, General Manager Tribun Jateng Heru Budi Kuncara menyampaikan kerjasama ini penting dilakukan agar kegiatan akademik bisa tersampaikan kepada masyarakat.

Diharapkan, informasi yang diterima masyarakat melalui news content maupun media sosial itu benar-benar berita, dan bukan hoaks.

"Jadi itu yang sedang kami susun. Sehingga nanti dalam awal-awal kerjasama kita akan melakukan pelatihan terlebih dahulu," ungkapnya. (m sholekan)

Penulis: Muhammad Sholekan
Editor: moh anhar
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved