Breaking News:

Berita Pendidikan

Awali Studi di Tengah Pandemi Covid, Rektor Ajak Mahasiswa Baru UKSW Kreatif Mencari Solusi

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, OMB di tengah pandemi Covid-19 kali ini diadakan secara

Istimewa
Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara saat memberikan sambutan secara virtual dalam OMB UKSW 2020. 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Mahasiswa baru Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) tahun akademik 2020/2021 mulai mengikuti rangkaian kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru (OMB), Selasa (18/8/2020) OMB UKSW 2020 berlangsung sampai hari ini Senin, 24 Agustus 2020.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, OMB di tengah pandemi Covid-19 kali ini diadakan secara daring dengan mengangkat tema “Rise and Thrive in Turbulent Times”.

Sesuai dengan tema yang diangkat, Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara dalam sambutan virtualnya mengatakan Covid-19 merupakan salah satu gejolak yang berdampak hebat dan dialami tidak hanya di Indonesia saja.

Neil Rupidara mengajak mahasiswa baru untuk bangkit dan mengembangkan diri ditengah kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Kita harus tegakkan kepala, bangkit dan harus tetap tumbuh dan bersinar. Di tengah dunia yang penuh dengan ragam persoalannya, kita harus bisa mengatasinya. Kita adalah generasi kuat, yang tahan banting, tetapi kreatif, untuk mencari solusi atas persoalan,” terangnya dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Senin (24/8/2020)

Neil mencontohkan, sebagai kaum minoritas yang berdaya cipta atau creative minority, UKSW beserta elemennya merespon situasi sekarang dengan berbagai tindakan.

Antara lain membangun laboratorium deteksi biomolekuler yang nantinya dapat digunakan untuk deteksi Covid-19, pembuatan GradBot yang menggantikan lulusan UKSW ketika wisuda Juli lalu oleh mahasiswa Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK) dan pembagian lebih dari 10.000 paket bahan makanan kepada mahasiswa, pengendara ojek online dan sopir angkotan kota.

“Ini semua adalah cara UKSW merespon situasi yang ada dengan solusi. Kita tentu saja tidak luput dari masalah namun sebagai kaum kreatif kita pun mencari solusi dan membantu masyarakat untuk bergerak maju bukan tenggelam dalam masalah. Dalam masalah inilah yang disebut creative minority. Kini anda menjadi bagian dari creative minority, menjadi bagian dari solusi berbagai persoalan dari masyarakat, bagian dari kaum yang minoritas berdaya cipta,” katanya

Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Andeka Rocky Tanaamah mengatakan semua kegiatan akan dilangsungkan secara daring, termasuk pengenalan budaya akademik dan juga pengenalan masing-masing fakultas.

Mengawali rangkaian OMB tahun ini, juga telah diadakan ibadah OMB 2020 yang dipimpin oleh Pdt. Onesimus Dani, S.Si pendeta kampus UKSW. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved