Breaking News:

Berita Tegal

Tak Pakai Masker di Tegal Hukumnya Pilih Nyanyi Atau Nyapu

Satpol PP Kabupaten Tegal bersama anggota Polres Tegal, mengadakan razia masker di sejumlah titik keramaian.

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Satpol PP Kabupaten Tegal bersama anggota Polres Tegal, mengadakan razia masker di sejumlah titik keramaian baik pasar tradisional maupun swalayan modern, pada Senin (24/8/2020).

Adapun dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan dan penegakan hukum percepatan penanganan Covid-19 tersebut, tim masih menemukan masyarakat yang melanggar protokol kesehatan yaitu tidak mengenakan masker ketika keluar rumah.

Kasi Pembinaan, Pengawasan, dan Penyuluhan Satpol PP Kabupaten Tegal, Tabah Topan Widodo menjelaskan, kegiatan razia masker ini dibagi menjadi dua tim untuk memperluas sasaran.

Tim pertama menyasar di lokasi pasar modern Toserba Bassa Banjaran, pasar Banjaran, dan Pasar Bawang Kecamatan Adiwerna.

Sedangkan tim kedua, menyasar lokasi Pasar Modern Mutiara Cahaya (MC) Slawi, Yogya Mall, Ruko Slawi, Trasa (Taman rakyat Slawi ayu) dan Pasar Trayeman.

"Dari patroli yang kami lakukan tadi seperti di Pasar Trayeman, kami masih menemukan masyarakat yang melanggar protokol kesehatan tidak mengenakan masker."

"Maka sesuai Perbup no 35 tahun 2020, kami kenakan sanksi mulai teguran langsung, menyanyikan lagu kebangsaan, mengucapkan teks Pancasila, atau membersihkan lingkungan sekitar, kami serahkan ke pelanggar ingin memilih sanksi yang mana," ungkap Topan, pada Tribunjateng.com, Senin (24/8/2020).

Ditanya apakah sampai saat ini sanksi yang diberikan masih bersifat teguran atau sanksi sosial saja, Topan membenarkan sanksi masih berupa edukasi sesuai Perbup no 35 tahun 2020.

Jadi belum ada wacana atau aturan sanksi denda sampai saat ini khusus di wilayah Kabupaten Tegal.

Harapannya, dengan adanya edukasi berupa sanksi ini, masyarakat ada efek jera dan kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved