Breaking News:

Undip Bantu Alat Kristalisasi kepada UMKM untuk Produksi Serbuk Jamu Instan di Ungaran Timur

Tim Pengabdian Masyarakat Undip Bantu Alat Kristalisasi kepada UMKM untuk Produksi Serbuk Jamu Instan

IST
Tim Pengabdian Masyarakat Undip Bantu Alat Kristalisasi kepada UMKM untuk Produksi Serbuk Jamu Instan di Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN – Dosen Undip  menggelar Pengabdian Masyarakat dalam upaya meningkatkan produktivitas UMKM serbuk jamu instan minuman kesehatan di Ungaran Timur. 

UMKM Tiga Dara dan UMKM Berliana  merupakan pengrajin serbuk jamu instan minuman kesehatan di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang yang menerima bantuan berupa kristalizer dari dosen Undip yang terdiri Dr. Susiana Purwantisari M.Si, Ir. Dwi Handayani, MT  dan Dr. Siti Nur Jannah M.Si.

Alat tersebut diterima oleh Herliana Jufni sebagai Ketua UMKM Tiga Dara dan Ima Dwi Nurani sebagai Ketua UMKM Berliana.

 Kristalizer merupakan alat kristalisasi dalam produksi serbuk jamu instan minuman kesehatan misalnya serbuk jahe merah, serbuk temulawak, serbuk kunyit, serbuk mix empon empon dsb yang dapat mempertahankan kesehatan manusia.

Alat kristalisasi terdiri dari wajan dan pengaduk dengan penggerak motor listrik 0,5 PK.

Alat kristalisasi terbuat dari stainless steel yang memiliki pengaduk berotasi dan revolusi terhadap wajan dengan kecepatan yang dapat diatur RPM nya sesuai kebutuhan.

Pada saat larutan masih encer bisa menggunakan 200 RPM dan pada saat mulai pengkristalan bisa dipercepat putarannya sehingga menghemat tenaga untuk pengadukan.

Dengan rancangan tersebut, proses produksi menjadi lebih cepat dan dapat menghindari terjadinya karamelisasi pada serbuk jamu instan serta lebih hygienis. 

Sebelum adanya bantuan alat kristalisasi mekanik ini, produksi dilakukan secara manual sehingga memerlukan waktu dan tenaga yang cukup besar dan efisiensi produksinya terbatas.  

Adanya bantuan alat kristalisasi ini, produksi lebih efisien dan efektif sehingga kapasitas produksi dapat meningkat baik kuantitas maupun kualitasnya.

Selain pemberian bantuan peralatan, Tim Pengabdian juga memberikan penyuluhan tentang hygienisnya proses produksi yang disampaikan oleh Dr. Susiana Purwantisari, M.Si sebagai ketua tim pengabdian dan juga teknik kristalisasi pada produksi yang disampaikan oleh Ir. Dwi Handayani, M.T  

Adanya bantuan alat kristalisasi dan penyuluhan tersebut sangat bermanfaat untuk kemajuan UMKM dalam produksi serbuk instan karena sangat efisien tenaga yang dibutuhkan, demikian menurut bu Herlin dan bu Ima sebagai pengusaha serbuk instan dengan harapan adanya bimbingan dalam pemasarannya. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved