Breaking News:

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Fakultas Hukum UMP Purwokerto Gelar Seminar Internasional Online Kaji Konsep Green Victimology

Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar seminar internasional berbasis daring.

IST
Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar seminar internasional berbasis daring 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar seminar internasional berbasis daring.

Seminar yang dilaksanakan secara virutal melalui Zoom, live streaming Instagram, dan disiarkan langsung UMPTV ini bertajuk Green Victimology : Environmental Victimology and Ecological Justice.

Acara dilaksanakan pada Selasa (25/8/2020) di ruang sidang kantor pusat UMP, menghadirkan empat pembicara dari berbagai negara.

Mereka yakni Assoc. Prof. Anjar Nugroho Rektor UMP, Prof. Jaco Barkhuizen dari Departemen of Criminology and Criminal Justice, University of Limpopo, Afrika Selatan, Assoc Prof. Mohammad Hazmi, Ph.D. dari Universitas Sains Islam Malaysia, dan Prof. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, SH, MM. dari Universitas Sebelas Maret.

Rektor UMP Dr Anjar Nugroho dalam sambutannya mengatakan kejahatan lingkungan disebabkan oleh kerusakan lingkungan kegiatan, seperti pencemaran, pembuangan bahan berbahaya ilegal, pembakaran lahan, dan penebangan ilegal.

Kegiatan yang merusak tidak hanya merugikan kelangsungan hidup lingkungan tetapi juga manusia dan makhluk lainnya.

“Kondisi ini telah banyak menghasilkan jutaan korban. Perlu kiranya peran akademisi menyikapi kondisi ini. Harus ada kajian–kajian ilmiah membahas perkembangan kasus kejahatan lingkungan,” katanya.

Menurutnya, proses hukum kasus kejahatan lingkungan sangatlah rumit.

Melibatkan prosedur pembuktian yang kompleks untuk menentukan korban.

Kompleksitas ini melibatkan banyak bukti ilmiah yang disajikan di persidangan untuk menemukan hubungan antara aksi tersebut dan efek berbahaya.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved