Breaking News:

KPK Serahkan Barang Sitaan Korupsi Berupa Rumah ke Kemenkumham

KPK menyerahkan barang sitaan milik negara berupa lahan dan bangunan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Aset milik Djoko Susilo yang diserahkan oleh KPK kepada Kemenkumham sebagai Rupbasan Solo. 

TRIBUNJATENG.COM. SOLO - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan barang sitaan milik negara berupa lahan dan bangunan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Lahan dan bangunan yang berada di Jalan Sam Ratulangi Nomor 16 Kelurahan Manahan Kecamatan Banjarsari Kota Solo tersebut nantinya akan dijadikan sebagai Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbapas) Solo.

Penyerahan secara simbolis serah terima barang milik negara yang berasal dari barang rampasan negara dari KPK kepada Kemenkumham tersebut dilangsungkan di Graha Kusuma Manahan Solo, Senin (24/8/2020).

Deputi Bidang Penindakan KPK, Karyoto memyampaikan, aset milik eks Kakorlantas, Djoko Susilo itu berupa lahan serta bangunan yang memiliki ukuran sekitar 870 meter persegi. Aset milik negara itu memiliki nilao sebesar Rp 11 miliar.

"Berdasarkan peraturan, barang sitaan bisa digunakan untuk yang lain. Salah satunya ini, penerapan status penggunaan (PSP). Digunakan untuk instansi yang membutuhkan," katanya seusai acara.

Sebelum diperuntukan sebagai Rubapas, telah dilakukan proses administrasi atau surat menyurat terlebih dahulu.

Sekjen Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto menambahkan, barang milik negara itu nantinya diperuntukan sebagai operasional Rupbasan Solo. Mengingat Rupbasan Solo membawahi tiga wilayah yakni Kota Solo, Karanganyar dan Sukoharjo.

"Ini baru pertama kalinya (aset milik negara berupa tanah), kalau lain-lain berbentuk mobil dan barang lainnya sudah kita terima," ucapnya.

Dia mengaku PSP berupa tanah dan bangunan sangat bermanfaat sekali karena sedang membangun zona integritas. (*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved