Breaking News:

Himbara Telah Salurkan Rp 83 Triliun Dana Titipan Pemerintah

Himbara telah menyalurkan Rp 83 triliun kredit modal kerja dari dana yang ditempatkan pemerintah sebesar Rp 30 triliun.

Continental Currency Exchange
ilustrasi uang rupiah 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Asisten Deputi Bidang Perbankan dan Pembiayaan Kementerian BUMN, Khoerur Roziqin mengatakan, himpunan bank milik negara (Himbara) telah menyalurkan Rp 83 triliun kredit modal kerja dari dana yang ditempatkan pemerintah sebesar Rp 30 triliun.

Dana sebesar Rp 30 triliun yang ditempatkan pemerintah di Himbara tersebut dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Kalau boleh dibilang, program yang diharapkan oleh Menteri Keuangan dilaksanakan oleh Himbara dengan baik sampai dengan Kuartal III Agustus 2020,” ujarnya, dalam diskusi virtual , Rabu (26/8).

Khoerur merincikan, pemerintah menempatkan dana sebesar Rp 30 triliun untuk Himbara yang terbagi dari Rp 10 triliun untuk Bank Mandiri, BRI Rp 10 triliun, Rp 5 triliun untuk BNI, dan Rp 5 triliun untuk BTN.

Hingga Agustus ini, Bank Mandiri telah menyalurkan Rp 28,2 triliun, BRI Rp 38,5 triliun, BNI Rp 11,6 triliun, dan BTN Rp 4,7 triliun. “Diharapkan dalam tiga bulan itu sudah terleverage menjadi masing-masing tiga kali lipat,” jelasnya.

Selain itu, dia menambahkan, Himbara juga telah melakukan restrukturisasi kredit sebesar Rp 470,6 triliun hingga 31 Juli 2020. Lalu, Himbara juga menjalankan program pemberian KUR bagi para pelaku UMKM.

Hingga 31 Juli 2020, Himbara telah menyalurkan KUR sebesar Rp 154,4 triliun untuk 2,6 juta nasabah. (Kompas.com/Akhdi Martin Pratama)

Editor: Vito
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved